Kamis, 28/01/2021 05:18 WIB

Dua Kapal Perang AS Hilir Mudik di Selat Taiwan

Militer Amerika Serikat (AS) mengatakan telah mengirim dua kapal perang melalui Selat Taiwan pada akhir pekan lalu.

Kapal AS

Washington, Jurnas.com – Militer Amerika Serikat (AS) mengatakan telah mengirim dua kapal perang melalui Selat Taiwan pada akhir pekan lalu.

Pelayaran tersebut dikatakan berisiko meningkatkan ketegangan AS dan China, namun menjadi tanda dukungan dari administrasi Donald Trump, di tengah meningkatnya pertikaian Taipei dan Beijing.

Dikutip dari Reuters, kedua kapal perusak itu diidentifikasi sebagai William P. Lawrence dan Stethem. Di antara Selat Taiwan selebar 180 mil (180 km) yang memisahkan Taiwan dari China.

“Transit kapal-kapal melalui Selat Taiwan menunjukkan komitmen AS untuk Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka,” ujar Armada Pasifik AS dalam sebuah pernyataan.

Amerika Serikat tidak memiliki hubungan formal dengan Taiwan, tetapi terikat oleh hukum untuk membantu mempertahankan negara kepulauan itu, yang  merupakan sumber utama senjata.

Pentagon mengatakan bahwa Washington telah menjual Taipei lebih dari US$15 miliar dalam bentuk persenjataan sejak 2010.

Adapun China telah meningkatkan tekanan untuk menegaskan kedaulatannya atas pulau itu. China bersikukuh Taiwan bagian dari "Satu China" dan wilayah suci China.

TAGS : Amerika Serikat Militer AS Selat Taiwan




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :