Sabtu, 20/04/2024 15:36 WIB

Pemuda Nahdliyin Dukung Program Pertanian Pemerintah

Selama bertahun-tahun warga NU hadir ke pelosok daerah untuk mencari potensi besar pada sektor pertanian.

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman bersama Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Said Aqil

Jakarta, Jurnas.com - Ketua Koordinator Nasional (Kornas) Program Pertanian PBNU Witjaksono berkomitmen menjaga swasembada pangan melalui kontribusinya terhadap program pemerintah di sektor Pertanian seperti Selamatkan Rawa Sejahtera Petani (Serasi) dan Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja).

"Bersama pemerintah dalam hal ini Kementerian Pertanian, kami PBNU terus mengerakkan perekonomian mikro: membina petani untuk mencapai swasembada pangan dan mendukung Serasi serta Bekerja," kata Witjaksono, Rabu (24/4).

Menurut dia, selama bertahun-tahun warga NU hadir ke pelosok daerah untuk mencari potensi besar pada sektor pertanian. Terlebih untuk mengembangkan produksi jagung secara nasional.

"Kami juga melakukan penyaluran hasil panen, membantu harga jual produk dari petani hingga membantu menstabilkan harga dengan membentuk ratusan koperasi untuk menjamin kesejahteraan petani," katanya.

Disisi lain, pihaknya juga sudah melakukan pembinaan petani mulai dari pengaturan lahan, penyediaan bibit, dan pupuk berkualitas beserta seluruh kebutuhannya. Pendampingan berjalan selama proses penanaman hingga panen dengan tambahan alat-alat pertanian modern, sehingga hasil produksi jadi lebih maksimal.

"Setidaknya kami melakukan pembinaan untuk petani seluruh Indonesia," katanya.

Semangat yang sama juga digaungkan Ketua DPp Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) Yasinta Wirdaningrum. Dalam kesempatanya, dia memandang bahwa para pemuda saat ini bisa menempatkan diri sebagai subjek utama untuk perkembangan industri kreatif.

"Apalagi tahun ini seiring dengan kemajuan teknologi yang bisa dimanfaatkan oleh para pemuda sebagai penunjang," ujarnya.

Yusinta mengatakan, HPN juga telah membentuk wadah bagi generasi muda untuk mengembangkan bisnis berbasi teknologi. Langkah ini seperti yang diwujudkan oleh divisi Departemen Pengusaha Muda yang berhasil mengmenumbuhkan pengusaha muda di kalangan Nahdliyin.

"Contoh, beberapa waktu yang lalu saya sempat berdiskusi dengan beberapa Pemuda Nahdliyin tentang startup business. Usaha rintisan mereka mengarah pada sektor usaha teknologi kreatif (creative technology). Dan itu sangat baik sekali," katanya.

Karena itu, Yasinta menghimbau agar para pengusaha muda mampu meneliti penggunaan sistem teknologi supaya bisa mengoptimalkan proses produksi pada bidang pertanian dan peternakan. 

"Maksud saya, walau dengan menggunakan fasilitas seadanya, mereka harus semangat untuk saling support satu sama lain agar bisa mencapai keberhasilan. Saya rasa banyak sekali contoh seperti ini yang bisa kita temukan di kalangan PeMuda Nahdliyin. Upaya mereka merintis usaha pada bidang teknologi pertanian dan peternakan ini sangat menarik dan harus kita dukung bersama," pungkasnya.

KEYWORD :

Kinerja Menteri Pertanian Pemuda Nahdliyin Program Pertanian




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :