Rabu, 12/08/2020 10:18 WIB

Ini Cara Liburan Hemat, Murah dan Nyaman ke Jogjakarta

Liburan ke Jogjakarta ternyata bisa lho dengan biaya murah meriah, nyaman dan asik untuk dilakukan bersama-sama. Simak yuk.

Candi Prambanan yang menjadi magnet wisatawan untuk berkunjung ke Yogya dan beberapa tempat wisata lainnya. (Foto : Jurnas/dewinurjanahblogspot).

Yogyakarta, Jurnas.com- Berada di bagian tengah-selatan Pulau Jawa, Jogja memiliki adat-budaya yang masih kental. Itulah yang kemudian menjadi daya tarik utama bagi wisatawan untuk kembali ke kota asal Gudeg ini.

Jalan-jalan ke Jogja untuk menghabiskan liburan spesial bersama orang terdekat! Soal bujet tidak perlu bingung, ya. Kamu tetap bisa kok ke Jogja dengan anggaran minimal. Tips-tipsnya bisa kamu lihat di bawah ini.

Memilih transportasi yang ramah di kantong

Hal pertama yang perlu kamu pertimbangkan adalah transportasi yang akan dinaiki untuk sampai ke Jogja. Karena anggarannya terbatas, pilih kereta api kelas ekonomi aja! Apabila kamu berangkat dari Stasiun Pasar Senen, misalnya, pilih Kereta Api Bengawan. Kereta ini berangkat sekitar pukul 11:20 WIB dan sampai tujuan, Stasiun Lempuyangan, pukul 19:42 WIB. Harga tiket kereta api ini cuma Rp74.000, lho.

Trans Jogja atau jalan kaki?

Untuk menghemat pengeluaran selama di Jogja, kamu bisa memilih transportasi murah seperti Trans Jogja. Ditambah lagi, halte bus ini dapat diakses dari berbagai lokasi. Harga tiket Trans Jogja cuma Rp3.600 saja. Namun bila ingin benar-benar menghemat bujet, jalan kaki juga oke lho. Jogja adalah kota yang ramah wisatawan, tersedia trotoar dan tempat penyeberangan dengan kondisi baik. Dengan begitu, para pejalan kaki yang melaluinya akan merasa nyaman dan aman.

Mencari penginapan murah

Agar perjalananmu terencana dengan matang, baik itu dari segi waktu dan anggaran, buatlah rincian yang jelas. Susun daftar destinasi apa saja yang mau kamu kunjungi selama berada di Jogja. Jangan lupa juga untuk booking penginapan sebagai tempat istirahat usai seharian berkeliling.

Menyewa sepeda motor untuk keliling Jogja

Transportasi ini banyak dipilih oleh para backpacker karena harganya yang miring. Naik sepeda motor juga dinilai lebih fleksibel karena kamu bisa leluasa menjelajahi Jogja. Dengan naik motor, kamu bisa menjangkau spot-spot wisata yang tidak dilewati transportasi umum atau memiliki medan yang cukup sulit. Plus, kamu bisa berhenti di mana pun kamu suka.

Harga sewa motor di Jogja bermacam-macam, tergantung pada tipe motor yang kamu pilih dan lamanya waktu sewa. Biasanya, sewa motor per hari dibanderol Rp60.000. Namun ingat, sebaiknya sewa motor yang sesuai dengan medan yang akan kamu lewati. Jika jalur yang akan kamu lalui terbilang berat, jangan ragu untuk menyewa motor dengan spesifikasi tinggi.

Mengunjungi wisata gratis atau murah

Ada banyak tempat keren yang bisa kamu kunjungi di Jogja. Untuk menghemat anggaran, pilih wisata gratis atau berbiaya murah. Sebagai contoh, kamu bisa melancong ke beberapa wisata gratis seperti Gumuk Pasir Parangkusumo, Air Terjun Sidoharjo, Bukit Bintang Hargodumilah, Bukit Klangon, dan masih banyak lagi.

Sementara untuk tujuan wisata murah, kamu bisa jalan-jalan di Kebun Teh Nglinggo di Desa Pagerharjo, Kulon Progo, yang harga tiketnya cuma Rp3.000 per orang. Ada juga Umbul Ponggok Klaten yang cuma dibanderol Rp8.000 per orang. Pantai-pantai di daerah Gunung Kidul juga tergolong murah di kantong. Biaya masuknya rata-rata Rp10.000 saja.

Menyantap kuliner lokal dengan harga murah-meriah

Jogja dikenal sebagai surganya kuliner. Bahkan tidak sampai Rp10.000, kamu sudah bisa mencicipi kuliner lezat dan juga mengenyangkan. Tentu saja yang paling jadi andalan adalah angkringan. Makan di angkringan terbilang murah dan pilihan lauknya juga variatif.

Ayo, kapan kamu pergi ke Jogja? Tentunya, ada banyak destinasi keren yang menanti untuk kamu singgahi.

 

TAGS : Yogyakarta Liburan Wisata




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :