Minggu, 25/08/2019 05:43 WIB

Lukman Edy Mentahkan Klaim 02 Menang di Riau dan Babel

Kebohongan-kebohongan yang dipublikasikan paslon 02 itu bertujuan untuk mem-framing pemikiran publik bahwa pemilu sekarang ini 02 sudah memenangkan pertarungan di setiap daerah.

Ketua TKN 01 Erick Thohir (tengah), bersama Sekretaris TKN Hasto Kristiyanto, Lukman Edy, Ace Hasan Syadzily, dan Aria Bima di Posko Cemara 19, Menteng, Jakarta.

Jakarta, Jurnas.com - Wakil Direktur Saksi Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma`ruf Amin, Lukman Edy membeberkan bukti-bukti yang mementahkan klaim kemenangan Paslon 02 Prabowo-Sandiaga di Provinsi Riau dan Bangka Belitung (Babel).

Sebelumnya, Lukman yang juga politikus senior PKB mengaku telah membongkar kebohongan paslon 02 yang mengklaim kemenangan di Lampung dan DKI Jakarta.

"Kali ini kami membongkar kebohongan di Riau dan Babel. Setiap hari kami akan buka, kami akan bongkar setiap data yang masuk hampir 40 persen, yang kami anggap sudah stabil progresnya maka akan kami umumkan kepada publik," ujar Lukman di Posko Cemara 19, Menteng, Jakarta, Selasa (23/4/2019).

Lukman mengakui, paslon 01 Jokowi-KH Ma`ruf Amin memang kalah di Riau, tapi tidak sebesar yang dinyatakan oleh Prabowo. Dalam catatan TKN, untuk di Riau hingga Selasa, 23 April 2019 sudah masuk sekitar 30 persen dan bisa dianggap sudah stabil.

"Kita kalah diangka elektabilitas 39 persen sementara Pak Prabowo 61 persen. Ini hampir sama dengan real count di KPU, dimana elektabilitas paslon 01 sebesar 41 persen, beda dua persen. Kemudian 02 sebesar 58 persen, dan juga hampir sama dengan lembaga-lembaga survei lainnya," tegas Lukman.

Hasil ini, jelas Lukman, jauh berbeda dengan klaim paslon 02 yang menyebut elektabilitasnya Jokowi-KH Ma`ruf dikatakan hanya 21 persen, dan paslon 02 menang 78 persen.

"Faktanya kalim itu hanya di 145 TPS, bandingkan dengan keseluruhan TPS di Prov Riau ada 17 ribu TPS," jelas Lukman.

Ia pun mengingatkan, kebohongan-kebohongan yang dipublikasikan paslon 02 itu bertujuan untuk mem-framing pemikiran publik bahwa pemilu sekarang ini 02 sudah memenangkan pertarungan di setiap daerah. Apalagi kemudian menyatakan di Sumatera mereka menang semua.

"Di Babel, mereka (paslon 02) juga klaim kemenangan 60 persen, kami (paslon 01) 39 persen. Mari kita lihat, data di Babel sudah masuk di kita 33 persen, dan grafiknya sudah stabil. Dan kami menyatakan di Babel menyatakan menang 64 persen, 02 hanya memperoleh 35 persen," tegas Lukman Edy.

Angka-angka ini, jelas Lukman, sama dengan real count KPU hari ini yang sudah masuk 21 persen suara dan sudah menuju kestabilan.

Dalam posisi ini, lanjut Lukman, angka kemenangan paslon 01 sudah 66 persen, dan hampir sama dengan real count SMRC dan poltracking.

"Jadi beda-beda satu persen saja. Bandingkan dengan yang mereka rilis, kita dinyatakan kalah 39 persen dan 02 menang 60 persen. Kami sisir ke dalam real count mereka, ternyata 60 persen itu hanya di 2 TPS saja, dari 3800 TPS. Jadi bagaimana mungkin 2 TPS mengklaim menang," tukas Lukman.

TAGS : Lukman Edy Pilpres 2019 real count Timses Jokowi




TERPOPULER :