Sabtu, 24/08/2019 16:23 WIB

Rocky Gerung; "Jangan Pake Istilah Anarkisme"

Soal pro kontra dari dunia maya atau di dunia kenyataan, menjadi tanya jawab yang paling hangat antara kuasa hukum RS dengan Rocky Gerung.

Rocky Gerung saat memasuki ruang sidang di PN Jaksel. (Foto : Jurnas/Ginting).

Jakarta, Jurnas.com- Terjadi tanya jawab anatara pengacara Ratna Sarumpaet, Insank Nasruddin dengan saksi Rocky Gerung terkait pro kontra di media sosial. Apakah pro kontra itu juga dirasakan di dunia nyata atau tidak.

"Saksi bilang terjadi pro dan kontra. Pertanyaan saya pro dan kontra ini apakah terjadi di dunia maya saja atau ada jadi di dunia nyata?" kata pengacara Ratna Sarumpaet, Insank dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (23/4/2019).

"Representasi dari dunia nyata memang dunia maya," jawab Rocky.

"Di dunia maya saja?" tanya Insank.

“Bukan saja ya. Saya menemukan itu diferensiasi atau terkait pro kontra kegaduhan itu di dunia maya," jawab Rocky.
Saat ditanya lebih lanjut apakah ada bentrokan atau anarkis di dunia maya, Rocky Gerung tak mau menggunakan istilah tersebut.

"Jangan pakai istilah anarkisme," ujarnya.

Sementara itu, Koordinator Jaksa Penuntut Umum (JPU) Daroe menanyakan hal yang sama ke Rocky soal representasi dunia maya terhadap dunia nyata. Daroe menanyakan soal pro-kontra dan ketegangan didunia maya juga terjadi di dunia nyata atau kondisi lapangan.

"Pertanyaan saya apakah saudara menangkap makna bahwa ketegangan atau pro kontra yang ada di dunia maya apakah juga merupakan representasi dari situasi rill di lapangan di masyarakat sosial?" tanya Daroe.

"Ya karena seluruh aktivitas berpikir, aktivitas empati, aktivitas simpati atau antipati itu lebih banyak beroperasi di dunia maya daripada di dunia rill karena orang hanya akses keadaan melalui dunia maya," jawab Rocky.

Ratna Sarumpaet didakwa membuat keonaran lewat hoax penganiayaan. Ratna menyebarkan hoax kepada sejumlah orang melalui pesan WhatsApp, termasuk mengirimkan gambar wajah lebam dan bengkak yang diklaim akibat penganiayaan.

Padahal kondisi bengkak pada wajah Ratna merupakan efek dari operasi plastik di Rumah Sakit Bina Estetika, Menteng. Jaksa mengungkap Ratna memfoto dirinya saat menjalani perawatan medis, lalu menyebarkan foto ditambah keterangan soal terjadinya penganiayaan terhadap dirinya.

TAGS : Rocky Gerung Saksi Kasus Hoaks




TERPOPULER :