Sabtu, 20/04/2024 01:03 WIB

Pesawat Mata-mata AS Melintas di Korea Selatan

Joint Rivet RC-135W melintasi wilayah metropolitan Seoul setelah Korea Utara mengumumkan sedang menguji coba rudal yang dipandu taktis minggu lalu.

Foto ilustrasi pesawat mata-mata Amerika Serikat

Washington, Jurnas.com - Sebuah pesawat mata-mata Amerika Serikat (AS) terlihat terbang di wilayah udara Korea Selatan setelah uji coba rudal terbaru oleh Pyongyang

Menurut harian Chosun Ilbo, Joint Rivet RC-135W melintasi wilayah metropolitan Seoul setelah Korea Utara mengumumkan sedang menguji coba rudal yang dipandu taktis minggu lalu.

"Pesawat itu menangkap sinyal jarak jauh yang dihasilkan ketika rudal balistik ditembakkan," kata surat kabar yang berbasis di Seoul itu.

Harian itu mengatakan pesawat tersebut jarang terbang di atas wilayah Seoul, tetapi biasanya hanya melintas di wilayah Laut Barat - juga dikenal sebagai Laut Kuning - dan daerah sekitarnya.

"Terakhir kali pesawat melintas di Seoul adalah ketika Korea Utara melakukan serangkaian uji coba rudal pada 2017," kata laporan itu, mengutip seorang pejabat militer Korea Selatan.

Pesawat mata-mata itu terbang di atas provinsi Gyeonggi dan Gangwon, di selatan zona larangan terbang yang didirikan berdasarkan perjanjian militer lintas batas yang ditandatangani pada September tahun lalu.

KEYWORD :

Korea Utara Amerika Serikat Korea Selatan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :