Senin, 29/04/2024 18:17 WIB

Cara Ampuh Membuat Bayi Tidur Nyenyak

Ternyata ada tips dari para perawat di bagian kamar bayi untuk membuat bayi dapat tidur nyenyak.

Ternyata ada tips dari para perawat di bagian kamar bayi untuk membuat bayi dapat tidur nyenyak (Foto: Ilustrasi)

Jurnas.com - Bayi baru lahir memiliki siklus tidur yang masih berubah-ubah, bayi baru bisa bangun di tengah malam atau menangis tanpa sebab. Orangtua yang baru memiliki bayi pasti butuh perjuangan agar si kecil bisa tidur nyenyak.

Ternyata ada tips dari para perawat di bagian kamar bayi untuk membuat bayi dapat tidur nyenyak. Menurut pendiri Happiest Baby, Dr. Harvey Karp, menidurkan bayi baru lahir memerlukan beberapa cara.

Menurut dia metode ini sangat penting untuk siklus tidur bayi. Diawali dengan membedong lalu menidurkan bayi dalam posisi miring atau perut di bawah. Ayun-ayun lembut bayi dalam bedongan.

Christy Brook, perawat di bagian bayi baru lahir di RS anak di Portland, Oregon, menuturkan ada bagian paling penting yaitu orang tua harus memulainya dengan tenang. "Memang sulit untuk menenangkan bayi rewel, tetapi tidak ada yang berhasil jika orang tua tidak tenang," jelasnya.

Bersikap tenang ini harus diawali. Hal ini dapat membantu meningkatkan fokus dan membantu semua akan mengalir sendiri. Cara lain yang ampuh yaitu dengan menepuk-nepuk punggung si kecil dengan irama tertentu agar bisa detak jantung.

Tepuk-tepuk punggung bayi tidak terlalu kuat atau terlalu lemah. Tepukan ini memiliki efek menenangkan dan menjadi pengalih perhatian saat bayi menangis.

Setiap sentuhan yang berulang juga akan memudahkan bayi lebih cepat mengantuk. Sentuhannya bisa menggosok lembut dahinya atau ujung telinga. “Menggosok lembut dahi mereka dan berulang-ulang membuat bayi langsung menutup mata. Makin muda usia bayi, makin efektif," jelas Brook.

KEYWORD :

Tips Bayi Tidur Nyenyak




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :