Selasa, 18/06/2019 04:43 WIB

WhatsApp, Instagram, Facebook Tak Bisa Diakses

Platform perpesanan, video, dan foto itu pun hanya menampilkan loading saat dibuka.

WhatsApp, Facebook, dan Instagram (Foto: BGR)

Jakarta, Jurnas.com – Tiga media sosial WhatsApp, Instagram, dan Facebook tidak dapat diakses sore ini, Minggu (14/4). Platform perpesanan, video, dan foto itu pun hanya menampilkan loading saat dibuka.

Hingga berita ini diturunkan, aplikasi WhatsApp tidak bisa digunakan untuk mengirim pesan. Terakhir kali, pesan yang masuk ke ponsel redaksi pada 17.25 WIB. Sementara di Instagram, pengguna gagal melakukan refresh `feed`, like, maupun berkomentar. Hal yang sama juga terjadi pada aplikasi Facebook.

Kondisi ini dimanfaatkan oleh netizen untuk berkicau di Twitter. Per pukul 18.16, tagar whatsappdown merajai trending topik dunia, dengan lebih dari 12 ribu cuitan. Sebagian besar warganet kesal karena tidak bisa saling berkirim pesan.

“Twitter adalah tempat untuk mengungsi,” tulis @MirzaRailfans8.

“Kirain wifi atau data yang bermasalah. Udah restart hp, udah hapus WA terus download ulang taunya #whatsappdown,” cuit @kakanyagempi.

“Bisa down gitu ya sekeluarga,” kata @normanfajarr.

Ini bukan pertama kalinya ketiga platform milik Faceboook Inc tersebut mengalami down server. Bulan lalu, pada 15 Maret 2019 hal serupa terjadi. Bahkan di Amerika Utara dan Eropa, pengguna sempat kesulitan berkoneksi selama 12 jam.

Hingga 24 jam kemudian, Facebook baru mengeluarkan permintaan minta maaf. Disebutkan bahwa down server disebabkan oleh perubahan konfigurasi server, yang berpengaruh pada layanan.

TAGS : WhatsApp Down Instagram Facebook




TERPOPULER :