Selasa, 24/09/2019 02:46 WIB

Parlemen Inggris Desak Pemerintah Kerjasama dengan Swedia Terkait Assange

Hukum Inggris menyatakan bahwa jika Swedia memang mengajukan permintaan ekstradisi, itu akan menjadi tanggung jawab Javid untuk memutuskan mana yang harus diutamakan.

Pendiri Wikileaks, Julian Assange

Jakarta, Jurnas.com - Lebih dari 70 anggota parlemen mendesak pemerintah Inggris untuk memprioritaskan setiap tawaran ekstradisi yang mungkin dibuat Swedia untuk pendiri WikiLeaks, Julian Assange, yang juga dicari di Amerika Serikat.

Assange ditangkap pada Kamis di kedutaan Ekuador di London atas tuduhan melewatkan jaminan, dan pada surat perintah ekstradisi AS terkait dengan kebocoran besar dokumen resmi.

Dia telah mencari perlindungan di kedutaan pada tahun 2012 sementara dengan jaminan menunggu ekstradisi ke Swedia untuk tuduhan pelecehan seksual dan pemerkosaan, yang selalu dia bantah.

Dalam sebuah surat, para anggota parlemen dan rekan-rekan mendesak Menteri Dalam Negeri Inggris Sajid Javid untuk "memberikan setiap bantuan kepada Swedia jika mereka ingin menghidupkan kembali dan melanjutkan penyelidikan".

Hukum Inggris menyatakan bahwa jika Swedia memang mengajukan permintaan ekstradisi, itu akan menjadi tanggung jawab Javid untuk memutuskan mana yang harus diutamakan.

"Kita harus mengirim pesan yang kuat tentang prioritas Inggris dalam menangani kekerasan seksual dan keseriusan yang dituduhkan pada tuduhan tersebut," kata surat itu dilansir RTE.

Klaim penyerangan seksual berakhir pada 2015 dan jaksa Swedia membatalkan investigasi awal terhadap tuduhan pemerkosaan pada 2017, dengan alasan bahwa karena Assange tidak dapat dihubungi, mereka tidak dapat melanjutkan.

Namun, setelah penangkapannya, tersangka korban pemerkosaan meminta agar kasusnya sekarang dibuka kembali - tetapi periode pembatasan klaim ini berakhir pada Agustus 2020.

"Kami tidak menganggap bersalah, tentu saja, tetapi kami percaya proses yang wajar harus diikuti dan pengadu harus melihat keadilan dilakukan," kata surat itu.

Para anggota parlemen dan rekan-rekan menambahkan bahwa "sangat memprihatinkan bagi kami" bahwa otoritas Swedia tampaknya tidak memiliki peringatan sebelumnya tentang penangkapan Assange, tidak seperti pemerintah AS

TAGS : Parlemen Inggris Julian Assange Swedia




TERPOPULER :