Senin, 29/04/2024 02:10 WIB

Soal Ketenagakerjaan, Publik Puas dengan Partai

Publik mengaku merasa puas dengan partai politik (Parpol) terkait dengan isu ketenagakerjaan di tanah air.

partai politik/PM

Jakarta - Publik mengaku merasa puas dengan partai politik (Parpol) terkait dengan isu ketenagakerjaan di tanah air.

Hal itu berdasarkan hasil survei yang dirilis Etos Indonesia Institute yang bertajuk "Partai Politik Pilihan Rakyat, Tingkat Elektoral dan Kepuasan Publik, di Rumah Aspirasi Rakyat, Jakarta, Kamis (11/4).

Direktur Etos Indonesia Institute, Iskandarsyah mengatakan, tingkat kepuasan publik terhadap partai dalam isu ketenagakerjaan mencapai 51 persen.

"Publik yang menyatakan tidak puas 42 persen dan yang tidak menjawab 7 persen," kata Iskandarsyah saat memaparkan hasil surveinya.

Selain itu, kata Iskandarsyah, publik juga mengaku puas terkait dengan isu Hak Asasi Manusia (HAM) dan kebebasan berpendapat.

"52 persen menyatakan puas, 38 persen tidak puas, dan yang tidak menjawab 10 persen," katanya.

Iskandarsyah melanjutkan, tingkat kepuasan publik terhadap isu ideologi politik juga cukup tinggi. Dimana, publik yang mengaku puas mencapai 61 persen, merasa tidak puas 31 persen, dan yang tidak menjawab 8 persen.

Diketahui, survei ini dilakukan kepada seluruh warga negara Indonesia yang telah memiliki hak pilih atau telah berusia 17 tahun keatas saat survei dilakukan yang dipilih secara acak.

Jumlah sample sebesar 2.000 responden yang tersebar secara proporsional di enam kota besar di Indonesia; yaitu Jakarta, Surabaya, Medan, Makassar, Semarang, dan Bandung.

Survei ini menggunakan 2.000 sample, margin of error survei ini sebesar +/- 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 96 persen.

Pengumpulan data dilakukan pada 12–30 Maret 2019 melalui wawancara tatap muka menggunakan kuisioner terstruktur.

KEYWORD :

Pemilu 2019 Partai Politik Hasil Survei




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :