Jum'at, 26/04/2024 07:31 WIB

Kiai Ma`ruf Ajak Warga Garut Perangi Hoaks

KH Ma`ruf Amin mengajak warga masyarakat Garut untuk memerangi hoaks dan ujaran kebencian sebagai bentuk amar ma`ruf nahi mungkar.

KH Ma`ruf Amin di Garut

Garut, Jurnas.com - Calon Wakil Presiden (cawapres) nomor urut 01 KH. Ma’ruf Amin menggelar acara Dialog Bersama Pesantren Se-Priangan Timur di Garut, Jawa Barat, Kamis (4/4).

Selain menggelar Dialog Bersama, dilakukan juga acara Penyerahan Akta Yayasan Pesantren dan Masjid yang dikoordinir oleh Relawan Jokowi Deui (RJD) dan Master C19 Portal KMA.

Dalam tausiyahnya, KH. Ma’ruf Amin membuka dengan memberi salam kepada para kiai, tokoh masyarakat, santri, dan warga sekitar.

Pesan Kiai Ma’ruf kepada masyarakat, khususnya semua yang hadir untuk melawan hoaks. Karena hoaks merupakan perbuatan mungkar yang harus dilawan.

“Karena hoaks itu mungkar, maka melawan hoaks adalah melawan kemungkaran,” kata KH. Ma’ruf Amin dalam tausiyahnya.

Salah satu melawan hoaks, kata KH. Ma’ruf Amin, adalah dengan mengoptimalkan peran-peran pesantren yang ada di Indonesia.

Sebab pesantren tempat mencetak orang-orang yang ahli dalam ilmu agama dan menelurkan generasi perubahan bagi bangsa.

"Saya kira pesantren harus mengambil peran lebih besar sekarang ini. Karena tugas pesantren itu adalah menyiapkan orang-orang yang paham agama dan mencetak tokoh perbaikan, tokoh perubahan," kata KH. Ma’ruf Amin menjelaskan.

Pada kesempatan sama, Ahmad Syauqi Ma’ruf Amin yang juga biasa disapa Gus Syauqi mengaku samgat khawatir atas perkembangan hoaks yang begitu masif di tengah masyarakat.

Apalagi berita hoaks ini kian menjalar ke semua lapis masyarakat, tidak hanya anak muda juga orang dewasa bahkan orangtua. Herannya lagi kaum terdidik pun ikut-ikutan terkena hoaks.

"Perkembangan hoaks saat ini cukup mengkhawatirkan kita semua. Korbannya tidak hanya anak-anak muda, dan orang dewasa, tapi juga orangtua. Selain itu, kaum terdididik juga ikut-ikutan termakan hoaks. Dan ini fakta,” kata Gus Syauqi.

Gus Syauqi menghimbau kepada semua pihak untuk terlebih dahulu mengklarifikasi berita atau kabar yang berkembang luas baik di masyarakat maupun di media sosial.

Ketua Dewan Pembina Master C19 Portal KMA ini menyatakan pihaknya akan selalu konsisten melawan hoaks.

"Hoaks harus dilawan. Apalagi tadi Abah (KH. Ma’ruf Amin) sudah menyebut hoaks adalah kemungkaran yang harus diperangi bersama-sama,” kata Gus Syauqi sembari mengutip pernyataan Abahnya, KH. Ma’ruf Amin.

KEYWORD :

KH Ma`ruf Amin Garut Pilpres 2019 Hoaks




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :