Selasa, 19/01/2021 06:42 WIB

Anak-anak Khashoggi Dapat Rumah di Jeddah Senilai Rp57 Miliar

Washington Post menyebutkan, masing-masing anak diberi rumah di Jeddah senilai USD4 juta atau sekitar Rp57 miliar sebagai biaya kompensasi awal.

Wartawan terkemuka dari Arab Saudi, Jamal Khashoggi (Foto: Jehan Alfarra / Middle East Montitor)

Washington, Jurnas.com - Arab Saudi memberikan kompesasi kepada anak-anak jurnaslis Jamal Khashoggi, korban pembunuhan berencana awal Oktober tahun lalu.

Washington Post menyebutkan, masing-masing anak diberi rumah di Jeddah senilai USD4 juta atau sekitar Rp57 miliar sebagai biaya kompensasi awal. Mereka juga menerima pembayaran setiap bulannya. 

Harian itu mengutip mantan dan pejabat Saudi saat ini, serta anggota keluarga Khashoggi, biaya kompensasi itu adalah upaya Saudi  memastikan agar putra-putri Khashoggi tidak membuat pernyataan publik tentang pembunuhan ayah mereka.

Oktober lalu, Khashoggi, warga Amerika Serikat (AS) dan kontributor Washington Post, memasuki konsulat Saudi di Istanbul, sebelum akhirnya dibunuh.

"Pemberiah rumah dan pembayaran bulanan sebesar USD10.000 atau lebih telah disetujui akhir tahun lalu oleh Raja Salman sebagai upaya dari apa yang seorang mantan pejabat Saudi gambarkan sebagai `pembenaran sebuah kesalahan`," papar Post. 

Seorang pejabat Saudi menyebut pembayaran itu adalah kewajiban Saudi untuk menyokong para korban kejahatan kekerasan atau bencana alam.

Pejabat itu juga membantah anggapan bahwa keluarga Khashoggi diwajibkan untuk "tutup mulut".

"Dukungan seperti itu adalah bagian dari kebiasaan dan budaya kami. Jangan diartikan sebagai hal lain," kata surat kabar itu mengutip pejabat tersebut.

Turki telah meminta ekstradisi warga Saudi yang terlibat dalam pembunuhan Khashoggi.

Jaksa penuntut umum Saudi mendakwa 11 orang yang tidak disebutkan namanya pada November tahun lalu dan sidang pengadilan rahasia dimulai sejak Januari.(Anadolu)

TAGS : Arab Saudi Kasus Pembunuhan Jamal Khashoggi




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :