Sabtu, 27/04/2024 04:18 WIB

Erdogan Hilang Kepercayaan di Istanbul

Dari 99 persen suara yang dihitung di Istanbul, Binali Yildirim, kandidat Aliansi Rakyat Erdogan dan mantan perdana menteri, memimpin dengan 48,7 persen.

Presiden Turki Tayyip Erdogan (Foto: Gulftoday)

Istanbul, Turki - Partai berkuasa Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan kehilangan suara di Istanbul, kota terbesar di negara itu. Menurut hitungan sementara, partai oposisi sementara lebih unggul dibandingkan petahana di pusat pemerintahan itu.

Badan Anadolu yang dikelola pemerintah mengatakan, dari 99 persen suara yang dihitung di Istanbul, Binali Yildirim, kandidat Aliansi Rakyat Erdogan dan mantan perdana menteri, memimpin dengan 48,7 persen. Sementara, Ekrem Imamoglu, kandidat oposisi Aliansi Bangsa, mengantongiu 48,65 persen.

Di Ankara, hasil awal menunjukkan bahwa kandidat Aliansi Bangsa-Bangsa, Mansur Yavas, telah mengumpulkan 50,6 persen, dengan 92 persen suara dihitung. Dia diikuti oleh Mehmet Ozhaseki, calon Aliansi Rakyat di ibukota, dengan 47,2 persen.

Di kota terbesar ketiga, Izmir, kandidat Aliansi Bangsa Mustafa Tunc Soyer memimpin dengan 58,1 persen. Nihat Zeybekci, kandidat blok Erdogan, memiliki 38,5 persen.

Secara nasional, dengan 91,7 persen suara provinsi dihitung, Aliansi Rakyat, yang terdiri dari Partai AK dan Partai Gerakan Nasionalis sayap kanan (MHP), telah mendapatkan 51,7 persen suara.

Jumlah itu diikuti oleh Nation Alliance, sebuah koalisi yang dibentuk oleh Partai Rakyat Republik (CHP) kiri-tengah dan Partai Baik sayap kanan, dengan 37,6 persen.

KEYWORD :

Pemilu Turki Recep Tayyip Erdogan Istanbul




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :