Minggu, 15/12/2019 14:08 WIB

Cara Jitu Atasi Kulit Belang

Simak ulasan berikut untuk mengembalikan warna normal kulit Anda sekaligus cara mencegah kulit jadi belang.

Cara mengatasi agar kulit tidak belang (Foto: Ilustrasi)

Jurnas.com - Saat kulit terpapar sinar matahari cukup lama, maka warna kulit tersebut akan berubah. Ini menyebabkan kulit Anda menjadi belang.

Kulit belang tentu sangat mengganggu penampilan Anda, bukan?Mengapa kulit menjadi belang kalau sering terpapar sinar matahari?

Kulit memiliki zat warna gelap (cokelat atau hitam) alami yang disebut melanin. Saat kulit terpapar sinar matahari, maka kulit akan melepaskan melanin untuk mengurangi radiasi sinar ultraviolet (UV).

Akibatnya, semakin lama kulit terpapar matahari, maka semakin banyak melanin yang diproduksi dan akhirnya membuat kulit menjadi lebih cokelat atau hitam dibandingkan dengan area yang tidak terpapar sinar matahari.

Berikut cara mengatasi kulit belang:

1. Eksfoliasi

Eksfoliasi dengan scrub dapat dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami atau dengan produk kecantikan. Cara ini dilakukan untuk mengembalikan warna kulit belang maupun kulit kusam dengan mengangkat sel kulit mati.

Anda harus menghindari sinar matahari sementara saat kulit mengalami proses pengelupasan. Namun, Anda perlu berhati-hati. Melakukan eksfoliasi dapat membuat kulit Anda lebih rentan terhadap sinar matahari daripada sebelumnya. Karenanya, konsultasikan dulu dengan dokter kulit apakah Anda ingin melakukan eksfoliasi.

2. Masker

Selain eksfoliasi, untuk mengembalikan kulit belang pada tangan atau kaki bisa membuat masker. Ada beberapa bahan masker alami yang dapat Anda gunakan sebagai berikut:

- Kunyit
Dilansir dari Healthline, meskipun kunyit belum terbukti meringankan kulit, satu studi menemukan bahwa kunyit dapat membantu melindungi terhadap kerusakan akibat sinar matahari jika dibuat menjadi krim. Selain itu, kunyit menemukan bahwa kunyit dapat membantu kelembapan kulit.

Namun, penggunaan kunyit agak repot karena bisa menodai pakaian dan sulit dihilangkan. Gunakan pembersih wajah setelah masker kunyit digunakan untuk mencegah kekuningan pada kulit yang dioleskan kunyit.

- Teh hitam

Sebuah studi menemukan bahwa ekstrak teh hitam dapat mencerahkan warna cokelat pada kelinci di laboratorium. Namun, penelitian ini perlu dilakukan lebih lanjut pengaruhnya terhadap manusia, terutama masker teh hitam buatan sendiri.

TAGS : Kulit Belang Sinar Matahari




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :