Kamis, 18/04/2024 23:25 WIB

Penjelasan Jenis Bom yang Meledak di Sibolga

Teroris terus datang menakuti. Ledakan di Sibolga membuat warga panik dan ketakutan. Ini jenis bomnya.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo (Foto : Jurnas/Doknet)

Medan, Jurnas.com- Tim Densus 88 Anti Teror Mabes Polritelah  mengamankan terduga teroris atas nama Husein alias Abu Hamzah di Sibolga.  Mereka juga menggeledah sebuah rumah yang berada di Jalan Kutilang, Kelurahan Habil, Kota Sibolga, pada Selasa, 12 Maret 2019. Istri dan anak-anak terduga teroris itu diduga mati akibat ledakan bom di rumahnya.

Menurut Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Mabes Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo, jenis bom yang meledak di Sibolga, Sumatera Utara (Sumut), jenisnya sama dengan yang diungkap di Lampung.

"Kita teliti jenisnya. Ternyata bahan yang didapat sama seperti yang disita petugas dari pelaku R alias P yang berada di Lampung pada Sabtu, 9 Maret kemarin," kata Brigjen Pol Dedi Prasetyo, Rabu (13/3/2019).

Polisi masih terus melakukan evakuasi akibat ledakan bom yang meledak di rumah yang terletak di jalan Cendrawasih, Kecamatan Sibolga Sambas, Kota Sibolga, Sumatera Utara. Polisi menduga, istri dan anak-anak Abu Hamzah tewas dalam ledakan tersebut.

"Kami sudah amankan jenis bom lontong, dan di Lampung tidak sebanyak di Sibolga. Dan di Sibolga sudah ada yang terakit,” papar Dedi.
Diterangkan Dedi, daya ledak bom lontong tersebut tergolong besar. Bom itu dirakit dari potasium, pipa paralon, paku, mur, dan baut. Sasaran para terduga teroris adalah aparat keamanan.

"Tujuan mereka adalah untuk amaliah. Sasarannya adalah aparat keamanan," tandas Dedi.

KEYWORD :

Dedi Prasetyo Jenis Bom Sibolga




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :