Senin, 25/03/2019 12:21 WIB

Mengapa Generasi Milenial Tidak Punya Simpanan Emas

Simpanan adalah instrumen keuangan yang harus dimiliki setiap orang, baik generasi milenial maupun generasi X.

Empat koleksi Emas Batangan Batik Indonesia yang diluncurkan Antam beberapa waktu lalu.(Foto : Istimewa)

Jakarta, Jurnas.com - Data dan penelitian telah banyak mengungkap dominasi generasi milenial di Indonesia, diperkirakan 23,77 persen penduduk Indonesia pada 2019 adalah milenial, pengguna internet terbesar yaitu 50 persen, serta online shopper terbesar sejumlah 64 persen.

Sayangnya, dominasi milenial di berbagai sektor tersebut, belum dibarengi dengan kemampuan perencanaan keuangan yang baik. Salah satunya terlihat dari rendahnya alokasi dana untuk menabung, yaitu (11 persen) dan alokasi untuk investasi hanya (2 persen).

Jika terus dibiarkan, hal ini dapat berdampak buruk secara finansial dimasa depan. Melihat kondisi ini, Treasury berinisiatif melakukan Gerakan #PunyaSimpenan Emas untuk Masa Depan dengan menggandeng perusahaan perencana keuangan swasta, Finansialku.

Rendahnya literasi dan kesadaran akan manfaat menabung pada generasi milenial, berdampak pada rendahnya aktualisasi mereka untuk memiliki simpanan.

Head of Brand Development Treasury Narantara Sitepu menjelaskan gerakan ini memiliki dua tujuan sekaligus, pertama untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya memiliki simpenan Emas dan kedua untuk mengajak masyarakat merencanakan berbagai tujuan finansial di masa mendatang.

"Gerakan ini akan terus kami sosialisasikan lewat berbagai kegiatan, baik secara online maupun offline," imbuhnya.

Kampanye #PunyaSimpenan Emas untuk Masa Depan ini sejalan dengan nilai yang selalu disampaikan di berbagai seminar atau workshop Finansialku.

Bagi kami, simpanan adalah instrumen keuangan yang harus dimiliki setiap orang, baik generasi milenial maupun generasi X. Saya sangat optimis, kampanye dapat menyadarkan dan mendorong minat masyarakat untuk punya simpenan,” ujar Melvin Mumpuni, Founder and CEO Finansialku menjelaskan kerjasama strategis dengan Treasury.

TAGS : Simpanan Emas Literasi Keuangan Generasi Milenial




TERPOPULER :