Minggu, 21/07/2019 05:37 WIB

Bengkak Saat Hamil, Ini yang Perlu Anda Ketahui

Bengkak saat hamil menjadi salah satu gangguan yang kerap dialami oleh perempuan yang tengah mengandung.

ilustrasi kehamilan

Jurnas.com - Beberapa masalah umum yang terkait dengan kehamilan adalah penambahan berat badan, perdarahan, mual, kram, keputihan dan rasa sakit di daerah perut.

Sementara masalah-masalah yang berhubungan dengan kehamilan ini bervariasi dari satu wanita ke wanita lain dan juga dari satu kehamilan ke kehamilan lainnya pada wanita yang sama, salah satu keluhan yang hampir dirasakan kehamilan adalah pembengkakan tubuh.

Dilansir dari laman Boldsky, pembengkakan terjadi selama masa kehamilan karena tubuh memiliki lebih banyak darah dan cairan selama seluruh periode kehamilan. Sesuai beberapa perkiraan, diyakini bahwa produksi cairan dalam tubuh meningkat hingga 50 persen di atas normal untuk mengatasi kebutuhan tambahan dan persyaratan yang ditimbulkan oleh kehamilan.

Dengan perluasan tubuh untuk akomodasi janin yang sedang tumbuh, lebih banyak level cairan dikeluarkan untuk melumasi tubuh dan memberikan kelembutan pada tubuh.

Sementara kenaikan berat badan selama kehamilan tidak bisa dihindari, memang ada banyak variasi dalam berbagai komponen yang berkontribusi terhadap kenaikan berat badan.

Kenaikan berat badan pada wanita hamil disebabkan oleh kombinasi beberapa faktor, seperti janin, cairan ketuban, plasenta, payudara dan jaringan rahim, lemak ibu dan cairan ekstraseluler.

Komponen-komponen individual ini berubah sepanjang masa kehamilan, dengan wanita hamil tertentu melaporkan kenaikan berat badan yang agak lebih rendah dibandingkan dengan wanita hamil lainnya.

Perasaan kembung, meskipun keluhan umum dalam kehamilan, dapat dialami secara berbeda oleh mereka yang hamil. Sementara wanita hamil tertentu mungkin merasa sangat kembung pada berbagai tahap kehamilannya, beberapa wanita lain mungkin mengalami kembung yang relatif lebih sedikit. Ini adalah cairan tubuh tambahan dan darah yang menyebabkan kembung ini.

Edema atau pembengkakan di tubuh biasanya diradakan di wajah, tangan, pergelangan kaki, dan kaki. Penumpukan cairan dalam tubuh ini memberikan pelumasan yang efektif pada sendi dan jaringan tertentu, sehingga memudahkan proses pengiriman. Pembengkakan biasanya cukup signifikan dari bulan kelima dan seterusnya, berkembang secara bertahap sampai waktu kelahiran.

TAGS : Tubuh Bengkak Wanita Hamil




TERPOPULER :