Sabtu, 24/08/2019 07:13 WIB

Bantuan AS untuk Venezuela Lebih Banyak Mendarat di Kolombia

Pengiriman itu akan menjadi kedatangan kedua bantuan besar-besaran AS dan internasional untuk Venezuela, yang banyak di antaranya tidak memiliki akses ke makanan dan obat-obatan, karena pemimpin oposisi Juan Guaido menyatakan dirinya sebagai presiden sementara

Bantuan AS untuk Venezuela masih tertahan di Kolumbia (foto: CGTN)

Jakarta, Jurnas.com - Sebuah pesawat pengangkut militer AS yang membawa bantuan kemanusiaan yang dimaksudkan untuk Venezuela mendarat di kota Cucuta di perbatasan Kolombia, tempat makanan dan obat-obatan disimpan di tengah ketidakpastian tentang bagaimana dan di mana bantuan akan didistribusikan.

Pengiriman itu akan menjadi kedatangan kedua bantuan besar-besaran AS dan internasional untuk Venezuela, yang banyak di antaranya tidak memiliki akses ke makanan dan obat-obatan, karena pemimpin oposisi Juan Guaido menyatakan dirinya sebagai presiden sementara yang menentang Presiden sosialis Nicolas Maduro.

Dilansir CGTN, Guaido, yang berpendapat pemilihan ulang Maduro pada 2018 adalah palsu dan meminta ketentuan konstitusional untuk menyatakan dirinya pemimpin negara itu bulan lalu, mengatakan bantuan akan masuk ke Venezuela pada 23 Februari mendatang

Tetapi masih belum jelas apakah bantuan itu akan diizinkan masuk ke Venezuela, karena Presiden Maduro menyebut operasi itu pertunjukan yang diatur oleh AS.

Berbicara di Caracas kepada para pendukung yang secara sukarela membantu upaya bantuan, Guaido mengatakan ia akan mengumumkan rincian pada hari Senin tentang bagaimana ia berencana untuk mendapatkan bantuan ke negara itu dari Kolombia, Brasil, dan Curacao meskipun ada oposisi Maduro.

"Kami akan mengatur diri kami menjadi brigade," kata Guaido, menyerukan kepada militer untuk mengizinkan bantuan lewat.

"Pesan yang harus kami sampaikan kepada angkatan bersenjata adalah bahwa mereka memiliki satu minggu untuk melakukan hal yang benar. Apakah Anda akan berada di sisi keluarga Anda dan orang-orang Anda atau dari perampas yang terus berbohong?" tambahnya.

Jutaan orang Venezuela akan melakukan perjalanan ke perbatasan untuk melindungi bantuan yang tiba, kata Lester Toledo, seorang perwakilan Guaido, pada konferensi pers di Cucuta.

"Kami tujuh hari sejak ini menjadi kenyataan," kata Toledo. "Kita akan memiliki pendamping orang, ratusan ribu, jutaan rakyat Venezuela yang dipanggil oleh presiden kita Juan Guaido, yang telah kita minta untuk pergi ke perbatasan dengan mengenakan pakaian putih sebagai tanda perdamaian."

Persediaan tersebut, termasuk peralatan kebersihan dan produk khusus yang diperuntukkan bagi anak-anak yang menderita kekurangan gizi, datang dari pangkalan Angkatan Udara AS di Florida, kata Kedutaan Besar AS dalam sebuah pernyataan.

Penerbangan bantuan tambahan akan berlangsung dalam beberapa hari mendatang, kata pernyataan itu, dan pasokan medis dan obat-obatan yang dimaksudkan untuk digunakan di rumah sakit akan tiba lebih awal minggu depan.

Pengiriman bantuan pertama, yang meliputi bahan makanan pokok dan pasokan medis, tiba pada 8 Februari dan disimpan di gudang Cucuta.

TAGS : Bantuan AS Venezuela Kolumbia




TERPOPULER :