Kamis, 25/04/2024 20:07 WIB

Remaja Masjid Harus Jadi Agen Pemberdayaan Umat

Said Aldi Al-Idrus menyampaikan bahwa selain memakmurkan masjid, tugas terberat BKPRMI adalah menghalau pemuda-pemudi Islam dari jerat narkoba.

Ketua DPP BKPRMI, Said Aldi Al-Idrus

Jakarta - Ketua Umum (Ketum) Dewan Pengurus Pusat Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) H Said Aldi Al-Idrus menyampaikan bahwa selain memakmurkan masjid, tugas terberat BKPRMI adalah menghalau pemuda-pemudi Islam dari jerat narkoba.

"Sekarang sangat banyak tingkah pola mafia narkoba yang memberikan narkoba-narkoba murah kepada pemuda Islam, agar pikirannya hancur, sarafnya hancur," kata Said dalam pidato saat melantik Dewan Pengurus Wilayah (DPW) BKPRMI Aceh periode 2018-2022, di asrama Haji, Banda Aceh pada Sabtu (16/02).

Pengurus DPW BKPRMI Aceh yang dilantik diketuai Dr Mulia Rahman dengan total jumlah pengurus sebanyak 120 orang.

Said menambahkan bahwa bahaya misionaris juga tidak kalah masifnya dalam mempengaruhi generasi muda Islam, sehingga butuh upaya ekstra untuk menghalau hal tersebut.

"Berbagai cara ditempuh agar misi mereka itu sukses. Untuk itu, kepada setiap pemuda-pemudi masjid agar berwaras diri, hidupkan dan makmurkan masjid, di mesjid ide dan gagasan pemuda Islam dikembangkan," ujar Said.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh Usamah El-Madny yang hadir mewakili Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengatakan, masjid bukan hanya tempat menjalankan ibadah kepada Allah SWT, tapi juga tempat dimana para penceramah atau alim ulama memberikan nasehat-nasehat kepada kaum muslimin mengenai berbagai masalah yang dihadapi.

"Alangkah banyak fungsi mesjid, tak bisa dipungkiri bahwa masjid juga sumber peradaban Islam," kata Usamah.

Apalagi, lanjut Usamah, BKPRMI dengan berbagai implementasi program kerjanya, sudah selaras dengan visi dan misi Pemerintah Aceh saat ini.

"Kami sangat mengapresiasi BPKRMI Aceh yang turut menyukseskan program Aceh Carong melalui sektor pendidikan informal yakni Taman Pendidikan Al-Quran yang tersebar seluruh Aceh," tegas Usamah.

Terakhir dalam sambutannya, Usamah juga mengucapkan selamat mengemban amanah kepada pengurus DPW BKPRMI Aceh yang dilantik.

"Semoga kepemimpinan baru BKPRMI Aceh dapat terus menularkan semangat positif terhadap generasi muda sebagai aset masa depan Aceh. Harapan kami, semoga selalu terjalin kemitraan yang baik antara BKPRMI Aceh dengan Pemerintah Aceh. Hubungan ini semoga dapat diperkuat, terutama dalam terwujudnya visi misi Aceh hebat," tuturnya.

Dalam momen pelantikan ini, DPW BKPRMI Aceh juga melaksanakan Latihan Mujahid Dakwah (LMD 1- Eksekutif) dan juga melaunching program BKPRMI berqurban, kajian bulanan BKPRMI, Penomoran Unit Remaja Masjid, Klinik Keluarga SAMARA, dan BKPRMI Peduli.

Hadir dalam acara pelantikan di antaranya, Wali Kota Nanggroe Aceh Tgk Malik Mahmud Al-Haytar, Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman, Wakil Wali Kota Banda Aceh Zainal Arifin, Karo Isra Pemerintah Aceh Zahroel Fajri, Mantan Rektor UIN Ar-Raniry Farid Wajdi Ibrahim, Ketua KNPI Kota Banda Aceh Afdhal Khalilullah dan para tamu undangan lainnya. 

KEYWORD :

Said Aldi DPW BKPRMI




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :