Kamis, 19/09/2019 11:50 WIB

AS Denda Mantan Menteri Venezuela US$1,4 Miliar

Hakim Lee Rosenthal menjatuhkan putusan tersebut setelah Ramirez tidak menentang klaim perusahaan Harvest Natural Resources.

Mantan Menteri Perminyakan Venezuela Ramirez (Foto: Reuters)

Houston – Pengadilan federal di Houston, Amerika Serikat memerintahkan mantan Menteri Perminyakan Venezuela Rafael Ramirez, untuk membayar uang sejumlah US$1,4 miliar atau setara Rp19 triliun, karena dituding telah melakukan penipuan.

Dikutip dari Reuters, hakim Lee Rosenthal menjatuhkan putusan tersebut setelah Ramirez tidak menentang klaim perusahaan Harvest Natural Resources.

Mantan Kepala Eksekutif dan Direktur Harvest James Edmiston mengaku senang dengan putusan hakim. Dengan ini, artinya pemegang saham Harvest akan menerima pembayaran senilai US$1,4 miliar dari Ramirez.

Ramirez, dalam sebuah pesan kepada Reuters, mengatakan dia tidak terkejut dengan perintah itu, tetapi menolak berkomentar lebih lanjut.

Harvest mengklaim Venezuela menolak keinginan perusahaan menjual asetnya di negara itu mulai 2012, yang menyebabkan Harvest kehilangan US$472 juta. Mereka menuduh Ramirez dan lainnya mencari suap US$10 juta untuk menyetujui transaksi.

Ramirez diangkat sebagai menteri energi oleh mendiang Presiden Venezuela Hugo Chavez, melayani dalam pekerjaan itu hingga 2014.

Dia kemudian menjadi duta besar negara untuk PBB, tetapi pergi setelah dituduh korupsi oleh pejabat Venezuela di tengah pembersihan eksekutif di perusahaan minyak negara PDVSA.

TAGS : Menteri Venezuela Hakim AS Kasus Penipuan




TERPOPULER :