Kamis, 25/04/2024 23:44 WIB

Peningkatan Konsumsi Daging Ancam Ratusan Spesies Hewan Punah

Makan daging adalah penyebab berkurangnya populasi setidaknya 200 spesies hewan besar. Setidaknya 150 dari spesies itu menghadapi ancaman kepunahan.

Ilustrasi Penyu (foto: UPI)

Jakarta, Jurnas.com - Sebuah studi baru yang diterbitkan minggu ini di jurnal Conservation Letters menunjukkan bahwa makan daging adalah penyebab berkurangnya populasi setidaknya 200 spesies hewan besar. Setidaknya 150 dari spesies itu menghadapi ancaman kepunahan.

"Pemanenan langsung untuk konsumsi daging adalah bahaya terbesar bagi hampir semua spesies besar," kata William Ripple, profesor ekologi terkemuka di Fakultas Kehutanan Universitas Oregon dilansir UPI.

"Jadi, meminimalkan pembunuhan langsung hewan vertebrata ini adalah taktik konservasi penting yang mungkin menyelamatkan banyak spesies ikonik ini serta semua kontribusi yang mereka buat untuk ekosistem mereka."

Penyu dan sejenisnya menurunkan ambang batas untuk spesies yang memenuhi syarat sebagai megafauna. Para ilmuwan mengklasifikasikan semua mamalia dan ikan lebih dari 220 pon, serta semua amfibi, burung dan reptil lebih dari 88 pon, sebagai spesies hewan besar.

"Ambang batas baru itu menambah jumlah dan keragaman spesies termasuk megafauna, memungkinkan untuk analisis yang lebih luas tentang status dan efek ekologis hewan vertebrata terbesar di dunia," kata Ripple.

"Spesies Megafauna lebih terancam dan memiliki persentase penurunan populasi yang lebih tinggi daripada semua spesies vertebrata lainnya," tambahnya.

Analisis megafauna selama 500 tahun terakhir menunjukkan manusia telah memburu sekitar 2 persen dari hewan besar hingga punah. Tren berlanjut hari ini, para peneliti memperingatkan dalam makalah mereka.

Meskipun perburuan untuk konsumsi tetap menjadi ancaman terbesar, penggunaan bagian-bagian hewan dalam pengobatan tradisional terutama di Asia juga berfungsi untuk mengecilkan populasi megafauna.

"Di masa depan, 70 persen akan mengalami penurunan populasi lebih lanjut dan 60 persen spesies bisa punah atau sangat langka," kata Ripple.

Tidak semua hewan besar yang terancam oleh konsumsi daging dihargai oleh para pemburu. Beberapa spesies yang terancam hanyalah kerusakan agunan, ditangkap di jerat atau jaring ikan. Banyak spesies besar juga menderita akibat polusi dan hilangnya habitat.

Ketika operasi ternak berkembang, dan lebih banyak tanah diperlukan untuk menanam makanan untuk memberi makan ternak, babi dan hewan lainnya, hutan dan ladang dikonversi, merampok hewan besar di areal yang mereka butuhkan untuk berburu dan memelihara populasi yang sehat.

Banyak spesies terbesar di Bumi secara genetik unik, seperti salamander raksasa China - satu dari hanya tiga spesies yang hidup yang mewakili keluarga dengan garis keturunan yang dapat ditelusuri kembali lebih dari 170 juta tahun. Kepunahan salamander semakin dekat.

"Melestarikan megafauna yang tersisa akan menjadi sulit dan rumit," kata Ripple.

"Akan ada argumen ekonomi yang menentangnya, serta hambatan budaya dan sosial. Tetapi jika kita tidak mempertimbangkan, mengkritik, dan menyesuaikan perilaku kita, kemampuan kita yang semakin tinggi sebagai pemburu dapat membuat kita mengonsumsi banyak megafauna terakhir di Bumi."

KEYWORD :

Konsumsi Daging Spesies Hewan Hasil Penelitian




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :