Sabtu, 23/01/2021 21:31 WIB

AS Kirim 3750 Pasukan ke Perbatasan Meksiko

Departemen Pertahanan Amerika Serikat menyebutkan, Pentagon mengirim 3750 pasukan AS ke perbatasan barat daya dengan Meksiko selama tiga bulan untuk memberikan dukungan tambahan kepada agen-agen perbatasan.

Pejuang Kurdi dari Unit Perlindungan Rakyat (YPG) berdiri dekat kendaraan militer AS di kota Darbasiya perbatasan Turki, Suriah pada 29 April 2017 (Foto: Reuters)

Jakarta, Jurnas.com - Departemen Pertahanan Amerika Serikat menyebutkan, Pentagon mengirim 3750 pasukan AS ke perbatasan barat daya dengan Meksiko selama tiga bulan untuk memberikan dukungan tambahan kepada agen-agen perbatasan.

"Penempatan itu akan meningkatkan jumlah pasukan tugas aktif yang mendukung agen-agen Pabean dan Perlindungan Perbatasan di sana menjadi sekitar 4350," katanya dilansir The National, Senin (04/02).

Pentagon pertama kali menyetujui penempatan pasukan AS yang aktif dan bertugas di perbatasan Meksiko pada Oktober, sebelum pemilihan kongres jangka menengah negara itu. Langkah ini dianut oleh pendukung Presiden Donald Trump, termasuk sesama anggota Partai Republik di Kongres.

Penjabat Sekretaris Pertahanan Patrick Shanahan menyetujui penempatan pada 11 Januari, menurut pernyataan itu. Perwakilan AS Adam Smith, ketua Komite Angkatan Bersenjata Dewan Perwakilan Rakyat, pertama kali mengungkapkan rencana untuk mengirim lebih banyak pasukan pada hari Kamis.

Smith mengkritik para pejabat senior Pentagon karena gagal mengungkapkan informasi itu selama dengar pendapat di depan komite di Kongres mengenai masalah itu hanya dua hari sebelumnya.

TAGS : Pasukan AS Perbatasan Meksiko




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :