Kamis, 25/04/2024 14:59 WIB

PBB Tuntut Akses Kemanusiaan ke Suriah Timur

Sejak awal Desember setidaknya 29 anak kecil dan bayi baru lahir meninggal dalam perjalanan mereka atau tidak lama setelah tiba di kamp, menurut PBB.

Logo PBB (Foto: Beapeacekeeper)

Jakarta, Jurnas.com - Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) menyerukan akses kemanusiaan tanpa hambatan kepada orang-orang yang melarikan diri dari daerah terakhir gerilyawan ISIS di Suriah timur.

Pasukan yang didukung Amerika Serikat di daerah itu menjawab bahwa mereka telah meminta bantuan dari PBB setelah mengamankan puluhan ribu koridor yang aman untuk melarikan diri dari pertempuran.

Dalam sepekan terakhir saja, PBB mengatakan lebih dari 10.000 orang telah melarikan diri dari zona konflik ke Al-Hol, di mana kamp utama bagi orang-orang yang terlantar akibat pertempuran melawan IS berada.

"Aktor-aktor kemanusiaan secara kolektif telah meminta pasukan yang menguasai daerah itu untuk menunjuk lokasi transit dalam perjalanan ke Al-Hol di mana bantuan penyelamatan jiwa dapat diberikan," kata Andrej Mahecic, juru bicara badan pengungsi PBB (UNHCR) dilansir The National.

"Sejauh ini permintaan itu masih belum terjawab", tambahnya.

Pasukan Demokrat Suriah yang dipimpin Kurdi, yang menguasai daerah di sekitar Al-Hol, segera menjawab bahwa mereka belum pernah menerima permintaan seperti itu dari PBB.

"Sebaliknya, kami telah lama menyatakan posisi kami bahwa kami membutuhkan bantuan, terutama bantuan PBB untuk mendukung kami dalam masalah ini, yang berada di luar kemampuan" kata otoritas Kurdi, juru bicara SDF Redur Khalil

"Di Al-Hol, ada kekurangan gizi, kurangnya pasokan medis, tenda, dan selimut", tambahnya.

Selama sebulan terakhir, SDF mampu mengamankan keluarnya 20.000 warga Irak - kebanyakan wanita dan anak-anak - dari wilayah yang dikuasai IS, serta ratusan warga Suriah dan warga asing non-Irak.

Didukung oleh koalisi pimpinan-AS, SDF berjuang melawan cabikan terakhir IS kekhalifahan di dekat kota Hajin di lembah Sungai Eufrat.

UNHCR mengatakan keluarga-keluarga yang melarikan diri dari kantong Hajin menggambarkan perjalanan yang mengerikan, mengarungi ladang ranjau dan pertempuran terbuka.

Begitu mencapai posisi SDF, mereka menggambarkan digiring ke truk terbuka dan harus menanggung perjalanan sulit lainnya di cuaca musim dingin ke utara ke kamp Al-Hol. Sedikit atau tidak ada bantuan yang diberikan dalam perjalanan ke orang-orang yang lapar dan dingin, sebagian besar dari siapa perempuan dan anak-anak.

Sejak awal Desember setidaknya 29 anak kecil dan bayi baru lahir meninggal dalam perjalanan mereka atau tidak lama setelah tiba di kamp, menurut PBB.

"Kami mengulangi seruan kami untuk akses kemanusiaan tanpa hambatan. Sangat penting bahwa tim kami dapat memberikan bantuan kemanusiaan yang menyelamatkan jiwa, terutama selama periode musim dingin yang keras ini," kata Mahecic.

Konflik Suriah telah menewaskan 360.000 orang dan menyebabkan jutaan orang mengungsi dari rumah mereka sejak dimulai dengan penindasan brutal terhadap protes anti-pemerintah pada tahun 2011.

KEYWORD :

Akses Kemanusiaan Lembaga PBB Suriah Timur




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :