Minggu, 25/08/2019 07:23 WIB

Dua Masalah Kulit Wajah bagi Perempuan Berhijab

Bagi perempuan berhijab, masalah kulit paling rentan ialah kulit sensitif berjerawat dan belang (beda warna).

Spesialis Kulit dan Kecantikan Dr. Irmadita Citrashanty, SpKK (Foto: Ecka Pramita)

Jakarta, Jurnas.com - Jika Anda perempuan berhijab terkadang masalah kulit wajah menjadi salah satu persoalan yang perlu dicari solusinya.

Masalah kulit yang terjadi baisanya jerawat atau bruntus karena pemakaian hijab yang seharian dipakai atau kulit belang karena terpapar sinar matahari.

Menurut Spesialis Kulit dan Kecantikan Dr. Irmadita Citrashanty, SpKK kalau sudah bicara jerawat berarti harus diobati. Kalau di daerah tertutup mungkin kebersihan kurang bersih.

"Otomatis pori-porinya tertutup jadi menyumbat pori-pori makanya harus dibersihkan lebih sering. Kalau sudah timbul jerawat harus diobati dengan obat jerawatt yang sesuai," ucapnya usai ditemui di acara peluncuran Nameera di Jakarta, Kamis (31/1).

Sebenarnya lanjut Irma, masalah kulit bagi yang berhijab secara spesifik tidak jauh berbeda ya. "Karena sering terkena air termasuk iritan yang lemah bisa mengikis lapisan lemak sehingga tampak kering kulit bisa lebih segar tapi lebih baik lagi kalau diaplikasikan pelembab," jelasnya.

Lalu kalau keluhan kulit wajah belang, tips supaya ga belang menurut Irma tidak boleh keluar rumah tanpa sunscreen protecting, meski tak keluar rumah juga harus pakai sebab cahaya lampu, TV, laptop, dan HP punya pengaruh radiasi bagi kulit wajah.

Lebih parah sinar matahari dari lampu ruangan. Karena ada sinar UVA dan UVB. Visible light lebih ke akumulasi agar penuaan jadi lebih cepat. Efeknya bisa ke melanin juga. Pencegahannya adalah menggunakan sun protector.

Minimal kandungan SPF tidak tergantung dengan kondisi kulit tapi lebih tergantung dengan aktivitas. "Kalau aktivitas di dalam ruangan minimal 15 menit, tapi kalo di luar ruangan minimal 30 menit. Sementara Re-apply idalnya 3-4 jam," paparnya m

Batasan SPF tergantung produk SPF-nya kalau chemical SPF ridam terlau bagus untuk kulit. Anak anak ga disarankan pakai pyshical SPF. Kalo psychial SPF bagus untuk melindungi kulit.

Tapi kalau kulitnya berjerawat, pyscihal SPF akan menutupi pori-pori dan akhirnya jadi berjerawat. Artinya kaalau kita liat bedak itu adalah psychical sunscreen.

TAGS : Masalah Kulit Perempuan Berhijab Perawatan Kulit




TERPOPULER :