Minggu, 21/07/2019 04:58 WIB

Samsung Ganti Bahan Plastik dengan Kertas

Samsung akan mulai mengganti bahan plastik dalam kemasan produknya dengan kertas dan bahan ramah lingkungan lainnya sebagai bagian dari komitmen perusahaan terhadap kebijakan pengurangan penggunaan plastik

Kantor Samsung Korea Selatan

Jakarta - Samsung akan mulai mengganti bahan plastik dalam kemasan produknya dengan kertas dan bahan ramah lingkungan lainnya sebagai bagian dari komitmen perusahaan terhadap kebijakan pengurangan penggunaan plastik.

Samsung mengatakan bahwa mulai paruh pertama tahun ini, kemasan untuk produk dan aksesorinya, mulai dari ponsel hingga peralatan rumah tangga, akan mulai menampilkan bahan yang berkelanjutan seperti plastik dan kertas berbasis daur ulang dan bio-based.

Samsung juga telah membentuk satuan tugas yang akan fokus pada pengemasan yang inovatif, mulai dari merancang dan mengembangkan bahan baru, hingga pembelian, pemasaran, dan melakukan kontrol kualitas.

Dilansir Digitaltrend, untuk ponsel, tablet, dan perangkat yang dapat dipakai, Samsung akan mengganti plastik yang digunakan untuk nampan dudukan dengan cetakan bubur, sementara kantong plastik yang digunakan untuk membungkus aksesori juga akan diganti dengan yang terbuat dari bahan ramah lingkungan.

Samsung juga akan mengubah desain pengisi daya ponsel, menggantikan eksterior mengkilap dengan lapisan matte untuk membuat film perlindungan plastik tidak diperlukan.

Sementara itu, kantong plastik yang digunakan untuk melindungi permukaan peralatan rumah juga akan diganti dengan kantong yang terbuat dari bahan daur ulang dan bioplastik, yang terbuat dari bahan berbasis bahan bakar non-fosil seperti tebu dan pati.

Bahan kertas dalam kemasan Samsung akan mulai tahun 2020 terbuat dari bahan serat yang disertifikasi oleh organisasi lingkungan global. Pada tahun 2030, perusahaan ini mencari untuk menggunakan 500.000 ton plastik daur ulang dan mengumpulkan 7,5 juta ton produk yang dibuang sejak inisiatif dimulai pada tahun 2009.

"Samsung Electronics melangkah dalam mengatasi masalah lingkungan masyarakat seperti penipisan sumber daya dan limbah plastik," kata kepala Samsung untuk Pusat Kepuasan Pelanggan Global, Gyeong-bin Jeon, dalam sebuah pernyataan, menambahkan bahwa perusahaan berkomitmen untuk menggunakan lebih berkelanjutan ramah lingkungan bahan meskipun biaya meningkat.

Keputusan Samsung, salah satu konglomerat elektronik terbesar di dunia, untuk beralih ke pengemasan berkelanjutan kemungkinan akan berdampak signifikan pada pengurangan limbah yang dihasilkan industri. Untungnya, perusahaan ini tidak sendirian dalam upaya ini, karena nama-nama besar seperti Apple dan Adidas sebelumnya telah meluncurkan inisiatif keberlanjutan mereka sendiri, sementara versi baru produk ramah lingkungan seperti paket baterai dan pemanggang portabel sedang dikembangkan untuk membantu melindungi lingkungan.

TAGS : Perusahaan Samsung Bahan Plastik Kertas




TERPOPULER :