Kamis, 25/04/2024 07:38 WIB

KKN Ajang Mahasiswa Asah Jiwa Pemimpin

Dr. Paristiyanti Nurwardani menyebut pelaksanaan kuliah kerja mahasiswa (KKN) didesain untuk melatih jiwa kepemimpinan bagi mahasiswa.

KKN Citarum Harum Universitas Budi Luhur

Jakarta – Direktur Pembelajaran Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) Dr. Paristiyanti Nurwardani menyebut pelaksanaan kuliah kerja mahasiswa (KKN) didesain untuk melatih jiwa kepemimpinan bagi mahasiswa.

Hal itu disampaikan saat melepas 952 mahasiswa Universitas Budi Luhur yang akan melakukan KKN di 95 lokasi, yang terdiri dari enam provinsi, antara lain DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Pada prinsipnya bila bicara soal KKN, kami sedang mendesain mahasiswa untuk menjadi pemimpin dengan kompetensi,” ujar Paristiyanti kepada awak media pada Kamis (17/1) di Universitas Budi Luhur Jakarta.

Adapun dua kompetensi utama yang dimaksud ialah hard skill, yang diekspresikan melalui transkrip. Kemudian kedua, ialah soft skill dengan cara melakukan komunikasi antar teman berbeda jurusan, maupun masyarakat yang ada di lokasi KKN.

“Juga harus mampu melakukan kolaborasi dengan teman dan dosen pembimbing lapangan atau DPL,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Paristiyanti juga menekankan masalah berpikir kritis (critical thinking). Menurut dia, mahasiswa perlu peka terhadap kondisi sosial, peduli pada permasalahan masyarakat, dan mengidentifikasi masalah untuk dicari solusinya bersama-sama.

“Tidak kalah penting soft skill lainnya yakni bertakwa dan berakhlak mulia,” terangnya.

Tahun lalu Kemristekdikti telah memberikan hibah untuk program KKN Tematik Citarum Harum kepada Universitas Budi Luhur. Sementara tahun ini Direktorat Belmawa kembali meluncurkan hibah serupa, guna mempercepat pembersihan Sungai Citarum, sebagaimana program Presiden Joko Widodo.

KEYWORD :

KKN Citarum Ditjen Belmawa Pengabdian Masyarakat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :