Selasa, 16/04/2024 23:15 WIB

Pesawat Norwegia Terdampar di Iran

Sebuah pesawat ulang-alik Norwegia yang meninggalkan Dubai lebih dari tiga minggu lalu macet di Iran.

Pesawat Norwegia mendarat darurat di Iran setelah mengalami masalah mesin (foto: The National)

Jakarta - Sebuah pesawat ulang-alik Norwegia yang meninggalkan Dubai lebih dari tiga minggu lalu macet di Iran. Boeing 737 MAX meninggalkan Dubai pada 14 Desember menuju Oslo, tetapi terpaksa mendarat di kota Shiraz di selatan-tengah kota setelah dicurigai mengalami masalah mesin.

Juru Bicata Norwegian Air Shuttle mengatakan, dengan 192 penumpang dan awak pesawat, pilot pada Penerbangan DY1933 memutuskan untuk melakukan pendaratan darurat di Shiraz setelah mengalami kesulitan teknis.

Penumpang yang terdampar dapat terbang ke Oslo pada hari berikutnya, tetapi ceritanya lebih rumit untuk jet, yang sekarang telah berada di tanah Iran selama hampir sebulan.

Mekanik menghadapi keterlambatan dalam mendapatkan bagian-bagian yang diperlukan untuk memperbaiki pesawat baru, dan maskapai tidak dapat mengirim bagian karena sanksi internasional dikenakan kembali pada Iran oleh administrasi Trump tahun lalu. Penjualan pesawat, termasuk suku cadang dan layanan, dilarang di bawah sanksi yang diperbarui tersebut.

Maskapai menolak untuk berkomentar, hanya menyatakan bahwa beberapa opsi sedang dipertimbangkan untuk mendapatkan pesawat kembali ke udara.

Seorang penumpang yang bepergian dalam penerbangan mengatakan bahwa satu jam setelah meninggalkan Dubai, para penumpang diberitahu bahwa pendaratan darurat sedang dilakukan di Shiraz, karena tekanan oli rendah di salah satu mesin.

Setelah mendarat, para pelancong menunggu di terminal selama enam jam sebelum dibawa ke hotel. "Emosi tinggi di hotel ketika penerbangan malam yang dijanjikan tidak terwujud dan kami diberitahu bahwa kami akan bermalam di Iran. Banyak yang berpendapat bahwa kami harus melakukan penerbangan cepat kembali ke Dubai, daripada disimpan di Iran semalam," katanya.

Norwegian Air adalah maskapai penerbangan terbesar Norwegia dan maskapai berbiaya rendah terbesar ketiga di Eropa. Menurut situs penerbangan airlive, ini adalah pertama kalinya sebuah pesawat penumpang Norwegia pernah mendarat di Iran.

Insiden itu memicu posting media sosial, dengan satu tweeting pengguna yang berbasis di New York. "Iran telah menjadi Segitiga Bermuda yang memakan pesawat," tulisnya.

Beberapa penumpang dalam penerbangan khawatir bahwa mereka mungkin menghadapi komplikasi perjalanan di masa depan ketika mengunjungi AS setelah berhenti di Iran. Sejak 2015, siapa pun yang telah melakukan perjalanan ke negara `berisiko` (Iran, Irak, Libya, Somalia, Sudan, Suriah, dan Yaman), telah dikeluarkan dari skema pengabaian visa AS.

Namun, sumber The National mengkonfirmasi bahwa penumpang tidak menerima prangko pada saat kedatangan di Bandara Internasional Shiraz Shahid Dastgheib, dan setidaknya dua penumpang dari penerbangan tersebut telah mengunjungi AS tanpa masalah.

KEYWORD :

Pesawat Norwegia Iran




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :