Jum'at, 19/04/2024 23:15 WIB

Cara Sri Mulyani Sampaikan Informasi Keuangan untuk Milenial

Penyampaian informasi dengan media yang tepat untuk disebarluaskan kepada masyarakat luas sangat penting membangun kesadaran publik.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati

Jakarta - Kementerian Keuangan memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Twitter dan Instagram untuk mengkomunikasikan program-program kebijakan dan peraturan kepada masyarakat agar luas diketahui, dipahami, diterima dan pada akhirnya didukung oleh masyarakat.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pada acara talkshow Festival Media Digital Pemerintah sebagai rangkaian acara Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) tahun 2018 di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (5/12). 

“Cara untuk menjangkau masyarakat, fenomena berubah. Masyarakat (mayoritas generasi milenial) sekarang lebih suka menggunakan smartphone dan pengguna internet. Kita perlu mengubah cara kita berkomunikasi. Caranya, kontennya maupun bagaimana kita menjangkau. Oleh karena itu, kemudian saya ubah mulai menggunakan sosial media karena itu paling efektif,” jelasnya. 

Penyampaian informasi dengan media yang tepat untuk disebarluaskan kepada masyarakat luas sangat penting untuk membangun kesadaran (awareness) publik bahwa urusan keuangan negara yang dikelola oleh Kemenkeu adalah menyangkut kepentingan seluruh rakyat Indonesia.

“Keuangan negara adalah concern kita semua. Itu adalah bisnisnya seluruh rakyat Indonesia. Darimana uang diperoleh, bagaimana kita mengalokasikan. Jadi, masyarakat juga semakin dia tahu maka semakin bertanggungjawab. Kalau dia harus membayar pajak, dia paham kenapa,” kata Menkeu mencontohkan tentang pentingnya membangun kesadaran masyarakat melalui sosmed.  
    
Menkeu mengindikasikan salah satu bentuk keberhasilan strategi komunikasi tersebut adalah Kemenkeu dinobatkan menjadi institusi Pemerintah yang paling transparan. Artinya ini juga merupakan bentuk akuntabilitas pelaksanaan tugas Kemenkeu kepada rakyat Indonesia.

“Kita nomor satu (sebagai institusi yang paling transparan). Dan ini tidak cuma satu tahun tapi bertahun-tahun kita selalu yang paling atas. Semakin kita bisa transparan, kita menunjukkan bahwa akuntabilitas itu bukan hanya retorika,” jelas Menkeu.

KEYWORD :

Informasi Keuangan Media Sosial Sri Mulyani




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :