Jum'at, 19/04/2024 07:55 WIB

Furhat, Robot Canggih Pendengar Keluh Kesah

Furhat berbentuk patung tiga dimensi dengan wajah mirip manusia. Seperti halnya robot Siri dan Alexa, Furhat memiliki keistimewaan bisa membuat lawan bicaranya jatuh hati

Robot Furhat (Foto: Reuters)

London – Perkembangan teknologi terus melesat. Pekerjaan yang dulunya ditangani oleh manusia, kini perlahan-lahan mulai digantikan oleh robot. Salah satunya Furhat, robot yang mampu membujuk orang untuk menceritakan keluh kesah kepadanya.

Dilansir dari Reuters, Furhat berbentuk patung tiga dimensi dengan wajah mirip manusia. Seperti halnya robot Siri dan Alexa, Furhat memiliki keistimewaan bisa membuat lawan bicaranya jatuh hati, dan menjadi tempat yang nyaman untuk curhat.

“Kami telah melihat penelitian yang menunjukkan bahwa dalam situasi tertentu, orang lebih nyaman terbuka dan berbicara masalah yang sulit dengan robot, ketimbang dengan manusia,” kata Kepala Eksekutif Furhat, Samer al Moubayed.

Salah satu alasan orang nyaman berbicara dengan robot menurut Samer ialah, benda mati itu merupakan pendengar yang baik. Lawan bicara juga tak merasa seperti dihakimi, setelah menyampaikan keluh kesahnya kepada robot.

Karena keistimewaannya, Furhat sudah digunakan di Bandara Frankfurt, Jerman sebagai penunjuk jalan. Tak hanya itu, Furhat juga dimanfaatkan sebagai pelatih bagi customer service.

“Setiap robot membutuhkan kepribadian yang berbeda, tergantung pada pekerjaan yang akan dilakukan,” kata Moubayed.

Menariknya lagi, Moubayed mengatakan Furhat bisa menjadi laki-laki atau perempuan, tua atau muda, suka main-main atau serius.

“Salah satu hambatan yang dimiliki robot ialah masalah ekspresivitas - mampu bergerak seperti kita, (dengan) gerakan wajah sangat halus, sangat ekspresif, gerakan mata, gerakan kepala,” tandasnya.

KEYWORD :

Robot Furhat Kemajuan Teknologi Info Robotik




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :