Sabtu, 27/04/2024 04:38 WIB

PM Hongaria Tegaskan Uni Eropa Butuh Turki

Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban menegaskan bahwa Uni Eropa (UE) membutuhkan Turki. Menurutnya, Uni Eropa tak boleh lepas dari kontribusi Turki, karena Turki adalah salah satu negara paling berpengaruh di Eropa.

Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban

Jakarta - Perdana Menteri Hongaria, Viktor Orban menegaskan bahwa Uni Eropa (UE) membutuhkan Turki. Menurutnya, Uni Eropa tak boleh lepas dari kontribusi Turki, karena Turki adalah salah satu negara paling berpengaruh di Eropa.

Berbicara kepada wartawan pada kunjungan ke Makam Gul Baba di Budapest, Orban mengatakan media barat mengkritik Turki itu tidak adil. Hongaria mengatakan bahwa seseorang tak boleh mendidik siapa pun tentang cara menjalankan negara mereka.

“Harus ada kerja sama strategis antara Turki dan UE mengenai keamanan dan ekonomi. Eropa juga membutuhkan Turki," kata Orban dilansir Memo.

Orban setuju dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan yang mengatakan bahwa Turki akan masuk dalam 10 besar ekonomi dunia pada tahun-tahun berikutnya.

"Kami harus bekerja sama dengan Turki sebanyak yang kami bisa untuk kepentingan Eropa," katanya.

Orban juga mengatakan bahwa Kuburan Gul Baba juga penting bagi orang Turki dan Hongaria.

Gul Baba - yang berarti Bapa Mawar - adalah penyair Darwis Bektashi dan seorang pendamping Sultan Suleyman yang Agung

Dia meninggal di Budapest pada abad ke-16, ketika wilayah itu diperintah oleh Ottoman. Makam era Ottoman dibangun antara 1543 dan 1548 di Budapest.

Makam itu dipulihkan oleh kemitraan Turki-Hungaria setelah protokol ditandatangani pada tahun 2014.

KEYWORD :

Hongaria Uni Eropa Turki Viktor Orban




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :