Jum'at, 19/04/2024 10:09 WIB

Ronaldinho Berencana Buka Akademi Sepakbola di Arab Saudi

Ronaldinho berencana membuka akademi sepak bola di Negeri Petro Dolar tahun ke depan.

Ronaldinho berbicara di Forum Global Misk pada Rabu 14 November 2018. (Foto: Basheer Saleh/Arab News)

Riyadh - Legenda sepak bola Brasil, Ronaldinho berencana membuka akademi sepakbola di Negeri Petro Dolar tahun depan.

Demikian kata pria 38 tahun kepada Arab News di belakang panggung dalam sebuah wawancara eksklusif setelah penampilannya di Forum Global Misk pada Rabu (14/11) waktu setempat.

"Pertama-tama, saya ingin mengucapkan terima kasih atas sambutan hangat dan kebaikan yang saya terima dari orang-orang Saudi. Kami berharap anak-anak dapat menjadi pemain hebat di suatu hari nanti," terang Ronaldinho.

Sebelumnya, Ronaldinho tampil di panggung dengan sorak sorai di akhir sesi hari itu, di mana ia memberikan ceramah berjudul Disiplin - dan Kegembiraan - Kerja Tim.

"Saya cukup beruntung berada di tim dengan bintang-bintang," katanya tentang karirnya bersama klub-klub Eropa Paris St-Germain, Barcelona dan AC Milan, dan kemenangan Piala Dunia 2002 dengan tim nasional Brasil.

"Kami semua saling menghormati satu sama lain," tambahnya.

"Bagi saya itu luar biasa, karena sejarah saya dengan tim dan pemain ini sangat indah: Untuk mengidolakan mereka dan kemudian bermain dengan mereka dan kemudian memenangkan gelar lagi," ungkapnya.

Ronaldinho mengatakan sangat bersyukur atas bakat yang diberikan Tuhan. "Sepanjang karir saya, kami punya rencana, dan saya selalu bekerja keras. Tuhan memberi saya hak istimewa untuk bermain sepak bola. Itu menyenangkan, bukan pengorbanan."

"Saya selalu menyukai bola di sekitar saya, untuk memiliki kontak dengan bola," ujarnya.

"Persiapkan diri Anda dan bantu rekan kerja atau anggota tim Anda. Kerendahan hati itu penting. Cobalah untuk tetap rendah hati," katanya lagi mengenang masa lalunya.

Ia juga berpesan kepada anak-anak untuk berlatih keras, rajin belajar dan tidak pantang menyerah.

"Saya gagal berkali-kali. Sepakbola memang seperti itu. Anda tidak selalu menang. Anda harus mencari pelajaran dari kekalahan dan tidak kehilangan harapan," terang Ronaldinho.

Ronaldinho mengatakan setelah pensiun jadi sepak bola, ia berencana membangung akademi sepakbola. "Itulah yang saya banggakan, dan itu telah memberi saya kesenangan. Untuk memberikan sesuatu kembali (sebagai) berkat sepak bola dan semua yang diberikannya padaku."

KEYWORD :

Arab Saudi Ronaldinho Akademi Sepakbola




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :