Kamis, 18/04/2024 17:02 WIB

Mantan Pemain Chelsea, Joe Cole Pensiun

Mantan pemain bintang Chelsea dan tim nasional Inggris Joe Cole telah mengumumkan pensiun pada usia 37 tahun, Selasa (13/11).

Mantan pemain Chelsea, Joe Cole (foto: Soccerway)

Jakarta - Mantan pemain bintang Chelsea dan tim nasional Inggris Joe Cole telah mengumumkan pensiun pada usia 37 tahun, Selasa (13/11). Hal itu diungkapkan melalui akun instagram pribadinya.

Cole mengawali karir profesionalnya di West Ham dan melakukan debut pertamanya saat berusia 17 tahun, sebelum bergabung dengan klub milik Roman Abramovich di Chelsea lima tahun kemudian pada tahun 2003 dengan nilai transfer mencapai 6,6 juta pound (Rp1,2 miliar)

Gelandang serang serbaguna menikmati tahun-tahun terbaik dalam karirnya di Stamford Bridge, menghabiskan tujuh musim bersama the Blues dan memenangkan sejumlah penghargaan.

Meskipun tak pernah memenangkan Liga Champions, tapi ia pernah membawa Chelsea ke final di 2007-08 , namun sayang harus kalah dari Manchester United.

Bersama Chelsea, ia memenangkan Liga Premier dan Piala FA pada tiga kesempatan masing-masing dan mengklaim sepasang gelar Piala EFL.

Cole juga tampil 56 kali untuk Inggris, termasuk penampilan di Piala Dunia 2002, 2006 dan 2010, dan membawa akhir karir selama 20 tahun setelah menghabiskan tiga tahun terakhir di Tampa Bay Rowdies.

"Setelah 20 tahun sebagai seorang profesional, saatnya telah tiba bagi saya untuk menggantung sepatu saya," tulis Cole dalam sebuah pernyataan di akun Instagram resmi Cole dilansir Soccerway.

"716 pertandingan profesional, 104 gol, untuk tujuh klub besar - West Ham, Chelsea, Liverpool, Lille, Aston Villa, Coventry City dan Tampa Bay Rowdies, serta kehormatan bermain untuk Inggris. Ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan," tambahnya.

"Memenangkan trofi di Chelsea sangat spesial bagi saya. Kenangan itu akan hidup bersama saya selamanya, seperti halnya kesempatan saya membagikannya dengan keluarga saya."

Cole tidak berencana mengucapkan selamat tinggal pada sepakbola, namun, tetap yakin dia memiliki banyak kebijaksanaan untuk diteruskan ke generasi pemain berikutnya.

"Melihat ke masa depan, saya ingin tetap terlibat dalam permainan," tambahnya. "Saya merasa saya dapat menawarkan banyak hal sebagai pelatih dan benar-benar menikmati kesempatan untuk melakukan beberapa tugas ini dengan The Rowdies."

"Meminjamkan pengalaman saya untuk membantu pemain muda lainnya mencapai impian mereka, seperti yang saya lakukan, adalah gairah besar saya."

KEYWORD :

Klub Chelsea Joe Cole




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :