Selasa, 21/05/2019 23:34 WIB

KNKT: Sinyal CVR Pesawat Lion JT610 Rusak

Bagian pemberi sinyal Kotak Hitam atau Pingker yang menempel pada CVR milik Pesawat Lion AIr PK LQP mengalami kerusakan. 

Ilustrasi Pesawat Lion Air

Jakarta - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) memperkirakan bagian pemberi sinyal Kotak Hitam atau Pingker yang menempel pada CVR milik Pesawat Lion AIr PK LQP mengalami kerusakan. 

Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono menyebut Pingker CVR mengalami kerusakan lantaran dalam pencariannya sinyal CVR tidak lagi terdengar dan ditemukan.

Dia pun mengaku telah mendapatkan bantuan dari Singapura untuk mencari CVR tersebut. 

“Pertama masih kita bisa dengar lama-lama melemah terus sekarang hilang. Jadi asumsi yang sebelumnya kita pikirkan kemungkinan di dalam lumpur sehingga tidak bisa didengar itu sudah hilang. Kemarin kita sudah melakukan pengujian atau percobaan,” ujar Soerjanto di Jakarta pada Senin (12/11).

Meski Pingker mengalami kerusakan, Soerjanto yakin CVR yang menyimpan percakapan dalam cockpit pesawat tersebut dalam kondisi yang baik. Menurut dia, CVR didesain untuk menahan benturan. 

Soerjanto pun menegaskan pencarian CVR tetap dilakukan meski Badan SAR Nasional (Basarnas) telah menghentikan pencariannya.

KNKT tetap mendapat bantuan 10 penyelam dari Basarnas. Namun, dia tidak memastikan sampai kapan pencarian CVR itu. 

“Kita sedang mendatangkan kapal disertai dengan ROV (Remotely Operated Underwater Vehicle) yang working class di mana nanti ROV itu dilengkapi dengan side scan sonar, multibeam,” kata dia. 

Sementara itu, KNKT akan mengeluarkan laporan awal kecelakaan pesawat Lion Air PK LQP pada 28 atau 29 November mendatang.

Menurut dia, laporan tersebut merupakan data faktual tanpa disertai analisis dan kesimpulan. 

“Sesuai dengan ICAO Annex bahwa satu bulan terhitung dari tanggal kecelakaan KNKT harus mengeluarkan laporan awal. Namun nanti laporan itu akan kita laporkan dan publikasikan lewat internet juga,” jelasnya. 

Pesawat Lion Air PK-LQP dengan nomor penerbangan JT-610 rute Cengkareng - Pangkalpinang mengalami kecelakaan 13 menit setelah lepas landas dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta pada Senin pagi, 20 Oktober 2018.

Pesawat dengan personnel on board sebanyak 189 orang itu jatuh di kawasan Perairan Karawang, Jawa Barat. (aa)

TAGS : Pesawat Jatuh Lion Air Maskapai Penerbangan




TERPOPULER :