Jum'at, 14/12/2018 05:02 WIB

Sebanyak 175 Warga Nigeria Tewas Wabah Kolera

Lebih dari 1,8 juta orang telah terlantar akibat konflik berdarah, yang telah menewaskan lebih dari 27.000 jiwa di Negeria.

Ilustrasi korban Kolera

Logos - Penderita wabah kolera di timur laut Nigeria tempat kekerasan Boko Haram telah memaksa puluhan ribu orang mencari perlindungan di kamp-kamp yang penuh sesak.

Dewan Pengungsi Norwegia (NRC) mengatakan, 10.000 orang terinfeksi wabah kolera yang menular begitu dengan cepat dan 175 orang tewas di negara bagian timur laut Adamawa, Borno dan Yobe pada awal November 2018.

"Salah satu penyebab utama wabah adalah sesak di kamp-kamp yang membuatnya sulit untuk menyediakan air, sanitasi dan layanan kebersihan yang memadai," kata Janet Cherono, manajer program NRC di Maiduguri, ibukota negara bagian Borno.

"Musim hujan juga memperburuk kondisinya. Jika lebih banyak lahan tidak disediakan untuk dekroesti kamp dan pembangunan fasilitas kesehatan dan sanitasi, Nigeria sedang menuju ke wabah kolera lain pada 2019," tambahnya.

Nigeria dihantam wabah kolera secara teratur sejak Boko Haram mengangkat senjata melawan pemerintah pada tahun 2009.

Lebih dari 1,8 juta orang telah terlantar akibat konflik berdarah itu, yang telah menewaskan lebih dari 27.000 jiwa dan menghancurkan kehidupan sehari-hari di wilayah Danau Chad.

Maiduguri, tempat kelahiran Boko Haram, adalah tempat tinggal 243.000 orang yang terlantar di kamp-kamp yang penuh sesak dengan fasilitas kebersihan yang buruk, membuat wabah kolera tumbuh berkembang biar dengan cepat.

Kolera disebabkan oleh bakteri yang ditularkan melalui makanan yang terkontaminasi atau air minum. Penyakit ini dapat menyebabkan diare akut, terutama pada anak-anak yang berisiko.

Nigeria, produsen minyak terbesar di Afrika, menderita penyakit tingkat tinggi yang terbawa air sebagai akibat dari infrastruktur yang bobrok dan kurang investasi.

Pada Kamis (8/11), Presiden Muhammadu Buhari mendeklarasikan keadaan darurat di sektor sanitasi air negara itu, menggambarkan statistik tentang buang air besar sembarangan dan akses ke air leding sebagai mengganggu.

TAGS : Boko Haram Wabah Kolera Nigeria




TERPOPULER :