Senin, 25/05/2020 08:08 WIB

Duterte Ingatkan AS dan China Tak Perang di Wilayahnya

Duterte mengaku sudah mengatakan rencana tersebut kepada Presiden China Xi Jinping yang dijadwalkan mengunjungi Filipina.

Presiden Filipina, Rodrigo Duterte (Foto: Reuters)

Jakarta - Presiden Filipina, Rodrigo Duterte mendesak Amerika Serikat (AS), China, Australia, dan negara-negara lain untuk tidak menggunakan wilayah Filipina jika terjadi perang di Laut Cina Selatan.

"Filipina belum siap untuk perang. Kami tidak dapat melakukannya dan tidak dapat mengendalikannya," kata Duterte di Pulau Palawan, Filipina, dilansir Philstar, Senin (12/11).

Duterte mengatakan Pulau Palawan di Filipina merupakan lokasi strategis di Laut Cina Selatan. Ia mengaku sudah mengatakan kepada Presiden China Xi Jinping yang dijadwalkan mengunjungi Filipina

Duterte juga mengatakan kepada Xi Jinping rencana Filipina untuk menggali minyak di wilayah Palawan.

"Pulau (Palawan) sangat kritis dan saya pikir dalam masalah kebijakan luar negeri, saya tidak akan mengizinkan negara manapun untuk menyimpan senjata jenis apa pun di sini," kata Duterte.

Filipina memenangkan pengadilan arbitrase internasional atas China pada tahun 2016 dalam hak ekonomi eksklusif di beberapa pulau di wilayah tersebut.

Pengadilan yang didukung PBB tersebut memutuskan tidak ada landasan hukum bagi China untuk menguasai Laut Cina Selatan. (aa)

TAGS : Rodrigo Duterte Laut Cina Selatan Filipina




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :