Sabtu, 20/04/2024 03:04 WIB

Menyambangi Pesona Kubah Emas Masjid Al Aqsa

Selain beribadah, wisata di Timur Tengah juga menyimpan banyak sejarah Islam yang sayang jika Anda lewatkan.

Selain beribadah, wisata di Timur Tengah juga menyimpan banyak sejarah Islam yang sayang jika Anda lewatkan (Foto: Afida Sukma)

Jakarta - Masjid Al Aqsa menjadi salah satu masjid suci umat Islam. Selain Al-Aqsa, ada Masjidil Haram di Makkah, dan Masjid Nabawi di Madinah yang juga menjadi masjid suci umat muslim.

Masjid yang memiliki kubah berwarna Emas itu berdiri di kompleks Al-Haram Asy-Syarif di area seluas 14 hektar.

Al-Aqsa memiliki arsitektur indah yang terpancar dari kubah emas, dan pepaduan keramik biru di bagian luar masjid. Di dalam kompleks tempat masjid Al Aqsa berdiri terdapat Dome of The Rock, yang diyakini sebagai tempat pijakan Nabi Muhammad dalam perjalanan Isra Mi’raj.

Masjid The Dome of The Rock inilah yang sering disangka sebagai Masjid Al Aqsa. Walau indah, namun perjalanan menuju ke sana rupanya tak semulus yang dibayangkan.

Managing Director Rafa Lintas Cakrawala Handayani Patrianti mengatakan ada beberapa kendala untuk melaksanakan kunjungan ke Baitul Maqdis, antara lain proses Visa yang begitu lama dan sering kali dikeluarkan last menit-menit terakhir.

"Sehingga, kami perlu ekstra memberikan dan terus menumbuhkan rasa percaya calon jamaah untuk tetap berdoa, karena ikhtiar sedang maksimal dijalankan dan kami berusaha tetap konsisten dengan tanggal keberangkatan yang kami miliki, dan jamaah tetap akan berangkat pada akhirnya, tanpa mengubah harga dan itinerary perjalanan,” jelas Anti.

Selain itu, faktor seperti pemberitaan tentang Baitul Maqdis yang identik dengan kejadian-kejadian juga sempat memberikan keraguan jamaah untuk berangkat. “Namun alhamdulillah dengan segala kendala yang ada, selama ini kami dapat melaksanakan program Jelajah Jejak Rasul dengan baik.” Lanjut Anti.

Sebab itulah, agar masjid tetap terlindungi dengan baik, sebuah hastag #BeautifulAqsa dicetusakan, dan disebarkan di media sosial selama perjalanan. Harapannya pun sederhana, agar hastag tersebut terus menyadarkan hati setiap umat untuk melindungi masjid kesayangan Rasulullah.

KEYWORD :

Masjid Al Aqsa Baitul Maqdis




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :