Jum'at, 19/04/2024 22:12 WIB

Menaker Beberkan Tiga Tantangan di Bidang Ketenagakerjaan

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M. Hanif Dhakiri mengingatkan praktisi manajemen sumber daya manusia (MSDM) agar memberi perhatian khusus terhadap masalah transformasi industri, pekerjaan dan skill.

Menaker Hanif saat menjadi keynote speaker acara Conference Chief of Human Resources Officer (CHRO) yang digelar Perhimpunan Sumberdaya Manusia Indonesia (PMSM Indonesia) di Jakarta, Selasa (6/11).

Jakarta - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M. Hanif Dhakiri mengingatkan praktisi manajemen sumber daya manusia (MSDM) agar memberi perhatian khusus terhadap masalah transformasi industri, pekerjaan dan skill.

Ketiga transformasi di bidang ketenagakerjaan tersebut diyakini akan mempengaruhi seluruh pola hubungan di dalam bisnis/perusahaan di Indonesia.

"Ini merupakan tantangan yang kita harus lalui dan selesaikan. Saya meyakini praktisi human resources termasuk orang-orang penting, harus terlibat dalam transformasi, " ujar  Menaker saat menjadi keynote speaker acara Conference Chief of Human Resources Officer (CHRO) yang digelar Perhimpunan Sumberdaya Manusia Indonesia (PMSM Indonesia) di Jakarta, Selasa (6/11).

Hanif mengatakan di era digitalisasi atau otomatisasi sekarang ini pola-pola hubungan kerja akan berubah, kepemilikan (perusahaan) akan berubah, dan cara pengembangan karir juga akan berbeda dengan masa lalu.

Hanif mencontohkan industri baru berbasis e-commerce seperti gojek, grab dan lainnya, hubungan kerjanya sulit untuk diverifikasi. ILO bahkan menyebutnya sebagai the new form of employment.

"Jadi mereka menyebut sebagai partner, mitra, tapi juga rasa-rasa pekerja. Mitra rasa pekerja. Pekerja rasa mitra, jadi ga jelas dan perlu pembahasan lebih lanjut " kata Hanif.

Hanif mengatakan sangat banyak hal mengalami perubahan sebagai dampak perkembangan teknologi informasi massif dan cepat, yang akan merubah semua hal tersebut.

"Ini PR para praktisi MSDM untuk memastikan agar orang seperti saya punya masa depan. Kalau tak memiliki gagasan atau terobosan untuk mengelola dunia baru yang penuh perubahan ini, terus kita-kita ini bagaimana? Jangan sampai perubahan dunia ini membuat saya tak punya karir," katanya.

Di Indonesia, kata Hanif, tantangan praktisi MSDM cukup besar yakni tak adanya karir terhadap 33 juta pekerja Indonesia. Yang mengkhawatirkan adalah 33 juta pekerja Indonesia terjebak dalam posisi sama di level terbawah di sebuah industri.

"Ini juga harus diberi perhatian. Ketika tak memiliki karir, maka masa depan generasi berikutnya akan bermasalah,  Jika tantangan ini tidak bisa dihadapi, maka di tahun 2020-2030, saat Indonesia mengalami bonus demografi, maka kita akan menghadapi bencana besar, " ujarnya.

Hanif menambahkan pemerintah telah membuat tripple skilling (skilling, re-sklinng dan upskilling) untuk memastikan agar warganegara memiliki ketrampilan dan atau kompetensi  sekaligus memiliki kemampuan mengupdate maupun merubahnya dalam waktu tak terlalu lama.

"Kita harus beri akses dan kesempatan masyarakat untuk merubah skillnya dengan cepat pula. Akses dan mutu people skilling saat ini sedang kita genjot di Kemnaker dan tempat-tempat latihan yang dimiliki pemerintah," katanya.

Hanif menambahkan meski menghadapi banyak tantangan, praktisi MSDM juga diminta bersikap optimistis dan  berpikir positif. Karenanya mari kita terus sambut perubahan ini dengan semangat positif dan penuh optimisme.

"Revolusi industri memiliki dampak luar biasa. Tetapi percayalah, pada akhirnya manusia akan mampu bertahan memghadapi perubahan yang cepat tersebut," ujar Hanif.

KEYWORD :

Info Ketenagakerjaan Menaker Hanif Tranformasi Industri




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :