Sabtu, 04/02/2023 12:17 WIB

Peristiwa Bersejarah 06 November

Peristiwa-peristiwa bersejarah yang terjadi pada tanggal 06 November mungkin tak banyak diketahui masyarakat. Padahal pada tanggal tersebut banyak peristiwa sejarah yang terjadi mulai dari pemilihan Abraham Lincoln sebagai Presiden AS

Tokoh sejarah

Jakarta - Peristiwa-peristiwa bersejarah yang terjadi pada tanggal 06 November mungkin tak banyak diketahui masyarakat. Padahal pada tanggal tersebut banyak peristiwa sejarah yang terjadi mulai dari pemilihan Abraham Lincoln sebagai Presiden AS hingga terpilihnya Barrack Obama untuk kedua kalinya.

Berikut beberapa peristiwa sejarah yang terjadi pada tanggal 06 November sebagaimana dirangkum UPI:

Pada tahun 1860, Republikan Abraham Lincoln terpilih sebagai presiden ke-16 Amerika Serikat.

Pada tahun 1861, Jefferson Davis terpilih sebagai presiden Negara Konfederasi Amerika.

Pada tahun 1869, dalam pertandingan sepak bola antar resmi pertama, Rutgers mengalahkan Princeton, 6-4.

Pada tahun 1921, kultus Rudolph Valentino diluncurkan dengan dirilisnya film bisu The Sheik , yang, meskipun ada ulasan negatif, segera menarik perhatian para wanita di seluruh Amerika Serikat.

Pada tahun 1928, Republican Herbert Hoover terpilih sebagai presiden ke-31 Amerika Serikat, mengalahkan Demokrat Al Smith.

Pada tahun 1956, Presiden AS Dwight D. Eisenhower terpilih kembali dengan selisih yang luas.

Pada tahun 1965, perjanjian resmi antara Amerika Serikat dan Kuba memungkinkan Kuba yang ingin meninggalkan negara kepulauan. Lebih dari 250.000 orang Kuba telah memanfaatkan kesempatan ini pada tahun 1971.

Pada tahun 1984, Presiden AS Ronald Reagan terpilih untuk masa jabatan kedua, memenangkan 49 negara bagian .

Pada tahun 1985, anggota Gerakan 19 April mengambil alih Istana Keadilan di Bogota, Kolombia. Gerilyawan sayap kiri akan membunuh lebih dari 100 orang (11 di antaranya di mana Hakim Agung) pada saat pengepungan berakhir.

Pada tahun 1991, Presiden Rusia Boris Yeltsin mengeluarkan dekrit yang melarang Partai Komunis, menasionalisasi propertinya dan mengutuk kegiatannya.

Pada tahun 2012, Presiden AS Barack Obama mengalahkan penantang Republik Mitt Romney untuk memenangkan masa jabatan kedua . Laporan keuangan federal menunjukkan pengeluaran kampanye memecahkan angka $ 2 miliar, menjadikan pemilu sebagai yang termahal dalam sejarah AS.

Pada 2013, Avigdor Lieberman, yang mengundurkan diri sebagai menteri luar negeri Israel karena penyelidikan dugaan korupsi.

TAGS : Peristiwa Sejarah Bulan November




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :