Kamis, 14/11/2019 13:21 WIB

Angelina Jolie Desak PBB Percepat Gencatan Senjata di Yaman

Artis Hollywood ternama, Angelina Jolie meminta Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) untuk mempercepat gencatan senjata di Yaman dan mencapai penyelesaian konflik yang terjadi di wilayah tersebut. 

Angelina Jolie

Jakarta - Artis Hollywood ternama, Angelina Jolie meminta Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) untuk mempercepat gencatan senjata di Yaman dan mencapai penyelesaian konflik yang terjadi di wilayah tersebut.

Hal itu diungkapkan sebagai Utusan Khusus dari Komisi Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR) yang diserukan lewat pernyataan yang didistribusikan oleh organisasi internasional di Jenewa pada Minggu.

Jolie mengatakan Dewan harus bekerja dengan negara-negara di Timur Tengah untuk mencapai akhir negosiasi atas konflik dan untuk mengatasi hukum internasional tentang perlindungan warga sipil. Dia juga menyerukan pemahaman yang lebih besar tentang undang-undang perlindungan pengungsi dan bagi semua negara untuk memainkan peran dalam mengurangi penderitaan manusia di Yaman. Aktris dan sutradara film ini saat ini berada di Korea Selatan, di mana beberapa ratus warga Yaman yang melarikan diri dari konflik sedang berlangsung.

"Masyarakat internasional memalukan karena lamban dalam bekerja untuk mengakhiri krisis di Yaman," kata Jolie dilansir Memo.

“Dunia telah melihat situasi yang memburuk di Yaman ke titik bahwa negara ini sekarang di ambang kelaparan buatan manusia, dan sedang menghadapi epidemi kolera terburuk di dunia dalam beberapa dekade. Ketika konflik berkembang pada tingkat ini, banyak orang tidak punya pilihan selain melarikan diri," tambahnya.

Menurutnya, satu-satunya cara untuk memungkinkan para pengungsi kembali ke rumah dan mengurangi jumlah total pengungsi di seluruh dunia adalah untuk mengakhiri konflik itu sendiri.

Ia berharap bahwa akan ada pemahaman yang lebih besar tentang realitas manusia yang menyebabkan orang melarikan diri, standar hukum yang ketat dan praktis di mana status pengungsi ditetapkan oleh UNHCR, pekerjaan dengan otoritas nasional, seperti serta penguatan tanggung jawab bersama untuk membantu para pengungsi kembali ke rumah mereka.

Jolie menunjukkan bahwa tanpa respons global berdasarkan hukum internasional dan tanggung jawab bersama, akan ada risiko ketidakstabilan dan ketidakamanan jangka panjang yang lebih besar. Dia memperingatkan bahwa ini akan berdampak negatif pada semua negara.

UNHCR menunjukkan bahwa kunjungan Utusan yang terkenal ke Korea Selatan adalah bagian dari perannya dengan organisasi, yang menyerukan dukungan penting bagi pengungsi di seluruh dunia. Ini juga mengikuti kunjungan Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi, Filippo Grandi, ke negara Asia bulan lalu.

Selama pertemuan dengan Menteri Kehakiman Korea Selatan Park Sang-ki, yang mengepalai kementerian yang bertanggung jawab untuk kebijakan pengungsi lokal, Grandi mencatat bahwa Jolie menyatakan penghargaan atas upaya Korea Selatan dalam membantu 500 warga Yaman yang tiba di pulau Jeju pada bulan Mei. Dia memuji upaya Seoul untuk melindungi pengungsi sampai aman bagi mereka untuk kembali ke rumah.

TAGS : Angelina Jolie Artis Hollywood Yaman




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :