Sabtu, 20/04/2024 18:46 WIB

Pasca Gempa Mentan Semangati Petani Parigi Moutong Sulawesi Tengah

Parigi Moutong bisa menjadi lumpung pangan Sulawesi Tengah.

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman melakukan panen raya padi di Desa Palapi, Kecematan Kasimbar, Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah, Kamis (1/11).

Parigi Moutong - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman bersama Bupati Parigi Moutong, Syamsurizal Tambolotutu melakukan panen raya padi di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah (Sulteng), Kamis (1/11).

Panen raya padi ini secara simbolis dipusatkan di Desa Palapi, Kecamatan Kasimbar seluas 420 hektare. Adapun luas sawah padi di Kabupaten Parigi Moutong mencapai 32 ribu hektare untuk tahun 2018.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Amran menegaskan, panen raya padi kali ini membuktikan bahwa musim panen padi di Indonesia tidak pernah berhenti. Salah satu alasanya, Indonesia memiliki beberapa daerah memiliki agroklimat yang unik, salah satunya, Parigi Moutong.

"Ada sesuatu yang unit di Parigi Moutong. Agroklimat tidak pernah kering. Kami dari Taiwan dan Vietnam petaninya kaya-kaya dan bahkan bisa ekspor padahal cahayanya hanya enam bulan. Tapi di Parigi Moutong petaninya pun hebat. Habis panen langsung tanam, bisa penuhi beras ke kabupaten tetangga bahkan ke Papua," tegas Amran.

Amran menyebutkan untuk meningkatkan motivasi petani dan produksi di Sulteng khususnya Kabupaten Parigi Moutong, Kementan memberikan alat mesin pertanian, bibit dan pupuk secara gratis.

"Bantuan pemerintah sangat komplit sesuai kebutuhan petani. Kami bantu benih padi, jagung, alat mesin pertanian seperti escavator, traktor roda empat, combine harvester. Kami pun memberikan bantuan benih perkebunan seperti kelapa, kakao, cengkeh, kopi dan pala. Semua bantuan ini gratis untuk petani," kata Amran.

Pada panen raya padi ini, besarnya bantuan yang diberikan Kementan yakni benih padi 1 ton, jagung 300 kg, benih perkebunan untuk Provinsi Sulteng 1.738.750 juta batang, benih perkebunan 500 ribu batang untuk Parigi Moutong. Kementan pun memberikan bantuan berupa traktor roda 4 sebanyak 4 unit, escavator besar 1 unit dan alat pengering padi (dryer) 1 unit.

"Potensi pertanian di Parigi Moutong ini luar biasa. Kabupaten ini bisa menjadi lumbung pangan Sulteng. Selain padi, kita juga kembangkan bawang putih seluas 100 hektare," tandas Amran.

Berdasarkan data Dinas Provinsi Pertanian Sulteng, realisasi tanam padi Oktober-Maret 2018 di Kabupaten Parigi Moutong per tanggal 31 Oktober seluas 5.062 hektare. Sementara realisasi tanam padi di Provinsi Sulteng seluas 12.987 hektare.

Selain Parigi Moutong, Kabupaten di Sulteng yang saat ini sedang melalukan panen padi yakni Luwuk dan Touna serta baru-baru ini Kabupaten Sigi dan langsung melakukan tanam.

Hadir pada panen raya ini Direktur Budidaya Ternak, Sugiono, Direktur Bibit Perkebunan, Muhammad Anas dan Kepala Dinas Pertanian Provinsi Sulteng, Trie Iriani Lamakampali.

KEYWORD :

Panen Raya Andi Amran Sulaiman Sulawesi Tengah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :