Jum'at, 26/04/2024 18:20 WIB

Ini Penampakan Patung Tertinggi di Dunia asal India

Patung Sardar berdiri tegak di Gujarat. Tingginya mencapai 185 meter (600 kaki) dengan biaya pembuatan mencapai 29,9 miliar rupee atau Rp6 triliun.

Patung tertinggi di dunia Patel Sardar (Foto: AFP)

Delhi – Mulai hari ini, penyandang status patung tertinggi di dunia bukan lagi milik The Spring Temple Buddha. Karena patung asal China tersebut, baru saja disalip oleh patung Patel Sardar Vallabhbhai, yang diresmikan oleh pemerintah India pada Rabu (31/10).

Patung Sardar berdiri tegak di Gujarat. Tingginya mencapai 185 meter (600 kaki) dengan biaya pembuatan mencapai 29,9 miliar rupee atau Rp6 triliun.

Patung ini berukuran dua kali lipat dari Patung Liberty (95 meter) di New York, Amerika Serikat, dan unggul puluhan meter dari The Spring Temple Buddha (153 meter).

Dilansir dari AFP, Patel Sardar dibangun dalam waktu empat tahun. Selama pengerjaannya, India melibatkan sekitar 3.500 pekerja, yang sebagiannya didatangkan dari Tiongkok.

Dan hari ini (31/10), India resmi memiliki patung tertinggi di dunia. Perdana Menteri Narendra Modi menyebut hari peresmian tersebut sebagai hari yang paling diingat dalam sejarah India.

Modi menjelaskan, Sardar merupakan sosok paling berjasa bagi India. Pria yang wafat pada Desember 1950 tersebut, dikenal sebagai pemersatu negara-negara kecil di India, lalu mendorong kemerdekaan India pada 1947.

Meski punya jasa yang luar biasa bagi India, nama Sardar kalah pamor dari Jawaharlal Nehru dan Mahatma Gandhi yang mendominasi politik India pada 1947.

Akan tetapi, kaum nasionalis yang terinspirasi pada Sardar, berupaya menempatkan kembali tokoh itu di garis depan.

KEYWORD :

Patung Tertinggi Patel Sardar India




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :