Sabtu, 20/04/2024 12:58 WIB

Opick Jadi Ketua Umum Seni Golok Indonesia

Tidak hanya pandai membuat lirik religi, Opick ternyata memiliki seni bela diri silat dan memainkan golok. Benarkah?

Opick terpilih menjadi Ketua Umum Seni Golok Indonesia (Foto : Jurnas/Ginting)

Jakarta- Penyanyi religi Opick kini memiliki kegiatan yang sangat membuat hatinya riang dan tenang. Biasa membuat lirik-lirik religi, Opick ternyata juga pandai ilmu bela diri silat. Kehebatannya itu disembunyikan dan tak banyak yang tahu. Tidak itu saja, dirinya juga baru saja dipiluh menjadi Ketua Umum Seni Golok Indonesia (SGI).

Ia juga didaulat untuk membuka turnamen silat di Hotel Bumi Wiyata, Depok, Jawa Barat, pada Minggu (28/10/2018). Acara ini diikuti oleh total 120 perguruan dari 15 provinsi.Opick mengaku punya mimpi untuk mempopulerkan seni bela diri silat ke berbagai lapisan masyarakat.

"Kalau silat bisa membumi ke mana pun, anak-anak bisa jauh dari narkoba, jauh dari geng motor, terarah juga karena ada guru yang mengajari. Mereka juga bisa menjadi pelindung negara dan tubuhnya pasti sehat," ungkap Opick di lokasi acara.

Impian Opick memang begitu serius demi pencak silat. Dirinya ingin pencak silat dan golok menjadi salah satu warisan budaya dunia dari Indonesia. Salah satu yang ingin dilakukannya adalah dengan membuat sebuah museum senjata tradisional Indonesia.

"Saya di rumah sudah ada senjata 700 lebih. Hari ini ada lomba golok tua. Kalau satu perguruan kirim 3.000 orang, artinya ada 3.000 golok tua yang macam-macam, dari mana-mana, dan berbagai material," kata Opick.

Museum senjata tradisional Indonesia tentu terdengar mengerikan bagi sebagian orang. Namun, menurut Opick museum tersebut penting bagi pengetahuan generasi muda Indonesia di masa yang akan datang.

"Pokoknya budaya ini harus terus bertahan. Lihat, Majapahit segitu besar, sekarang mati. Tapi, budayanya tetap hidup. Makanya senjata tradisional Indonesia perlu direkam, silatnya juga, agar jadi warisan anak cucu di masa depan,” imbuhnya.

Selain Opick, hadir pula Buya, jawara pencak silat dan salah satu pengurus SGI, yang menjabarkan bahwa ada beberapa program ke depanterkait olahraga pencak silat serta pelestarian senjata golok di Indonesia.

"Tahun 2017 saya dan teman-teman mempromosikan pencak silat di UNESCO. Semoga pencak silat di tahun 2019 bisa jadi warisan tak benda dunia. Waktu itu dihadiri perwakilan dari 150 negara, sekitar 1.500 orang," pungkas Buya.

KEYWORD :

Indonesia Kabar Artis Opick Golok




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :