Jum'at, 19/07/2019 19:35 WIB

Penerima Beasiswa Bidikmisi sejak 2014 Terus Meningkat

Hal itu menurut Nasir, merupakan komitmen pemerintah untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia, dan menunjukkan keberpihakan pemerintah bagi kalangan tidak mampu untuk mengenyam pendidikan di perguruan tinggi.

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir dalam Forum Merdeka Barat, Jakarta

Jakarta – Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir memaparkan, jumlah penerima beasiswa bidikmisi sejak 2014 terus mengalami peningkatakan setiap tahunnya.

Hal itu menurut Nasir, merupakan komitmen pemerintah untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia, dan menunjukkan keberpihakan pemerintah bagi kalangan tidak mampu untuk mengenyam pendidikan di perguruan tinggi.

“Jumlah penerima Bidikmisi selalu meningkat setiap tahunnya. Mulai dari 199.408 mahasiswa pada tahun 2014, menjadi 339.348 mahasiswa pada tahun 2017. Target kami pada tahun 2018, penerima Bidikmisi sebanyak 368.961 mahasiswa,” papar Menteri Nasir acara Jumpa Pers Forum Merdeka Barat di Gedung Serbaguna Sekretariat Negara Jakarta, Selasa (23/10).

Nasir menambahkan, umumnya mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi menunjukkan prestasi akademik yang menggembirakan di perguruan tinggi.

“82,83% penerima bidikmisi memperoleh IPK diatas 3. Alumni Bidikmisi juga menunjukkan prestasi menggembirakan, baik bekerja di perusahaan swasta, BUMN, Guru maupun yang berwirausaha," jelas Nasir.

Selain Program Bidikmisi, Kemenristekdikti juga memiliki kebijakan afirmatif lainnya, yaitu Program Beasiswa Afirmasi Pendidikan Papua dan Daerah 3T. Program ini bertujuan untuk meningkatkan putra putri Papua dan Daerah 3T untuk mengenyam pendidikan di perguruan tinggi.

Pada 2014 penerima manfaat program ini sebanyak 1.673 mahasiswa, sedangkan pada tahun ini ditargetkan 5.743 mahasiswa mendapatkan manfaat dari program tersebut.

“Setiap tahunnya, Kemenristekdikti memberikan perhatian khusus kepada putra putri dari daerah Papua dan Daerah 3T untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Di samping mendapatkan beasiswa, mereka mendapatkan kuota khusus di perguruan tinggi negeri dengan seleksi tersendiri. Hasilnya juga menggembirakan, 31% peserta program ini meraih IPK diatas 3,”ujar Menristekdikti.

TAGS : Pendidikan Bidikmisi Kemristekdikti




TERPOPULER :