Jum'at, 19/04/2024 19:24 WIB

Paus Fransiskus Kenakan Sabuk Bernoda Darah

Lima orang kudus baru lainnya, namun kurang dikenal, lberasal dari Italia, Jerman dan Spanyol. Mereka termasuk seorang yatim piatu Italia yang meninggal karena kanker tulang ketika berusia 19 tahun.

Paus Fransiskus (Foto: AFP)

Vatikan - Di hadapan puluhan ribu jemaat, Paus Fransiskus menganugerahi tujuh orang sebagai orang suci baru dalam upacara kanonisasi di Vatikan. Dua tokoh di antaranya, yakni Paus Paulus VI dan Uskup Agung Salvador, Romero. Keduanya merupakan tokoh gereja yang kontroversial semasa hidup mereka.

Penganugerah berlangsung dengan gelaran permadani besar dan gambar tujuh orang kudus baru itu dipajang di Basilika Santo Petrus, sebagaimana lazimnya pada upacara kanonisasi.

Lima orang kudus baru lainnya, namun kurang dikenal, lberasal dari Italia, Jerman dan Spanyol. Mereka termasuk seorang yatim piatu Italia yang meninggal karena kanker tulang ketika berusia 19 tahun.

Presiden El-Salvador, Salvador Sanchez Ceren, Presiden Chili Sebastian Pinera dan Ratu Sofia dari Spanyol menghadiri upacara tersebut.

Sosok Paulus VI
Paus Paulus VI adalah paus ketiga yang dinyatakan sebagai orang suci oleh Fransiskus sejak ia dipilih pada tahun 2013. Paus Paulus VI terkenal karena memimpin sesi-sesi terakhir Konsili Vatikan II, pertemuan-pertemuan gereja pada tahun 1960-an yang mereformasi Gereja Katolik dan membukanya ke dunia.

Paus Fransiskus mengatakan, Paulus VI seperti rasul yang membaktikan hidupnya untuk injil Kristus, mendobrak norma-norma yang lama dan menjadi saksi dalam proklamasi dan dialog, seorang rasul gereja yang membuka wawasan gereja dan memperhatikan mereka yang terkucilkan dan miskin.

Sabuk Bernoda Darah
Untuk menunjukkan pentingnya Romero dan Paulus, Paus Fransiskus mengenakan tali sabuk bernoda darah yang dipakai Romero ketika ia dibunuh pada tahun 1980. Paus juga memakai tongkat, jubah dan cawan yang digunakan Paus Paulus. Kedua tokoh itu sangat memengaruhi Fransiskus dan dia memuji mereka karena keberanian mereka pada masa-masa sulit dan pengabdian mereka bagi keadilan sosial dan orang miskin.

Romero dibunuh di San Salvador oleh satuan pasukan sayap kanan. Dalam homilinya, Romero sering mengutuk kekerasan, penindasan, dan kemiskinan. Ia menjadi ikon bagi petani Amerika Latin. Paus Fransiskus dalam homilinya memuji Romero karena " tidak mempedulikan keselamatan dirinya sendiri dan dekat dengan orang miskin dan umatnya" (Voa/ps/jm)

KEYWORD :

Paus Fransiskus Vatikan Gereja




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :