Selasa, 16/10/2018 20:56 WIB

Turki Kantongi Delapan Tersangka Kasus "Pembunuhan" Khashoggi

Sebelumnya beberapa sumber yang tidak ingin disebutkan namanya mengatakan, 15 warga Saudi menggunakan jet pribadi dan pesawat sewaan dengan nomor ekor HZ SK1 dan SK2 HK mendarat di Bandara Ataturk Istanbul.
 

Wartawan terkemuka dari Arab Saudi, Jamal Khashoggi (Foto: Osman Orsal/Reuters)

Istanbul –  Pemerintah Turki mengantongi delapan dari 15 tersangsa terkait hilangnya wartawan kritis Saudi Jamaal Khashoggi yang disebut sudah dibunuh secara berencana sejak memasuki konsulat Saudi pada 2 Oktober.

Sebelumnya beberapa sumber yang tidak ingin disebutkan namanya mengatakan, 15 warga Saudi menggunakan jet pribadi dan pesawat sewaan dengan nomor ekor HZ SK1 dan SK2 HK mendarat di Bandara Ataturk Istanbul.

Berikut informasi yang diketahui dari delapan orang yang telah diidentifikasi;

1. Muhammed Saad H. Alzahrani, lahir pada 1988, tiba di Turki pada jam 04.29 malam waktu setempat dengan pesawat sewaan. Dia tinggal di Wyndham Grand Hotel dan meninggalkan negara itu dengan jet pribadi milik perusahaan Sky Prime Aviation pada jam 09.44 malam waktu setempat.

2. Thaar Ghaleb T. Alharbi, lahir pada 1979, tiba di Bandara Ataturk dengan pesawat jet pribadi milik perusahaan Sky Prime Aviation. Dia memasuki negara itu pada pukul 03.41 pagi waktu setempat dan tinggal di Mövenpick Hotel. Dia meninggalkan negara pada jam 05.44 sore waktu setempat dengan jet pribadi.

3. Mustafa Muhammed M. Almadani, lahir pada 1961, mendarat di Bandara Ataturk dengan pesawat jet pribadi milik perusahaan Sky Prime Aviation. Dia memasuki negara itu pada pukul 03.41 pagi waktu setempat dan pergi pada pukul 00:18 waktu setempat dengan pesawat sewaan.

4. Meshal Saad M. Albostani, lahir pada 1987, memasuki negara itu pada pukul 01.45 pagi waktu setempat. Dia tinggal di Wyndham Grand Hotel dan meninggalkan negara pada jam 09.46 malam waktu setempat dengan pesawat jet pribadi milik perusahaan Sky Prime Aviation.

5. Waleed Abdullah M. Alsehri, lahir pada 1980, mendarat di Bandara Ataturk dengan pesawat jet pribadi milik perusahaan Aviation Sky Prime. Dia memasuki negara itu pada jam 03.41 pagi waktu setempat, tinggal di Hotel Mövenpick dan meninggalkan negara pada jam 05.44 sore waktu setempat dengan pesawat sewaan.

6. Salah Muhammed A. Tubaigy, lahir pada 1971, mendarat di Bandara Ataturk dengan jet pribadi milik perusahaan Sky Prime Aviation. Dia memasuki negara itu pada pukul 03.38 pagi waktu setempat pada 2 Oktober, tinggal di Hotel Mövenpick dan meninggalkan negara pada pukul 08.29 malam waktu setempat dengan jet pribadi.

7. Mansur Othman M. Abahussain, lahir pada 1972, tiba di Bandara Ataturk dengan pesawat sewaan. Dia memasuki Turki pada jam 04.13 sore waktu setempat dan menginap di Wyndham Grand Hotel. Dia meninggalkan negara itu pada pukul 09.45 waktu setempat.

8. Naif Hassan S. Alarifi, lahir pada 1986, mendarat di Bandara Ataturk dengan pesawat sewaan. Dia memasuki negara pada pukul 04.12 siang waktu setempat dan menginap di Wyndham Grand Hotel. Dia meninggalkan negara itu pada jam 09.45 malam waktu setempat dengan pesawat jet pribadi milik perusahaan Sky Prime Aviation.

Pihak kejaksaan sedang menyelidiki insiden itu, sementara konsulat mengatakan di akun Twitter-nya bahwa mereka berkoordinasi dengan pihak berwenang Turki.

Sebelumnya pada Senin, Turki menyampaikan harapannya tentang kerja sama penuh dari Arab Saudi untuk mencari jurnalis Saudi yang hilang. Kemudian, pada Selasa, Arab Saudi mengundang para ahli dan pejabat Turki untuk mengunjungi Konsulatnya di Istanbul. (aa)

TAGS : Arab Saudi Turki Jamal Khashoggi Erdogan




TERPOPULER :