Kamis, 04/03/2021 18:50 WIB

Waspadai Kekerasan Seksual pada Anak dan Perempuan Korban Bencana

Imbauan tersebut disampaikan Menteri Yohana saat berkunjung ke lokasi gempa bumi dan tsunami di Palu pada Rabu (10/10) pagi.

Anak korban gempa (Foto: KPPPA)

Jakarta – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Yembise mengimbau masyarakat mewaspadai kekerasan seksual yang rentan menyerang perempuan dan anak, yang berada di lokasi bencana.

Imbauan tersebut disampaikan Menteri Yohana saat berkunjung ke lokasi gempa bumi dan tsunami di Palu pada Rabu (10/10) pagi.

“Pada situasi pasca bencana alam seperti ini, memang kita harus berjuang dengan berbagai keterbatasan. Namun para perempuan dan anak-anak di sini, harus waspada agar terhindar dari kekerasan yang terjadi,” kata Yohana.

Dalam kesempatan tersebut, Yohana juga meminta para perempuan dan anak korban bencana tidak perlu takut melapor kepada pihak berwenang, jika mengalami kekerasan, bagaimana pun bentuknya.

Selain kekerasan seksual, perdagangan manusia (human trafficking) juga berpotensi menjadi ancaman di lokasi bencana. Karena itu, Yohana mengimbau sesama keluarga agar saling memperhatikan satu sama lain.

“Jangan sampai dibawa oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab,” ujarnya.

TAGS : Perempuan Anak KPPPA




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :