Selasa, 16/10/2018 21:25 WIB

Uni Eropa Ingkar Janji kepada Erdogan

Turki menghabiskan USD33 miliar untuk menyokong pengungsi, sementara Uni Eropa mengingkari janjinya.
 
 

Presiden Turki Tayyip Erdogan (Foto: Gulftoday)

Hongaria  - Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan mengatakan, Uni Eropa (UE)  mengingkari janjinya untuk memberikan bantuan kepada pengunsi Suriah.

"Uni Eropa seharusnya mengalokasikan  USD6,87 miliar dengan sistem bertahap 3 + 3 ke organisasi internasional, bukan kami (Turki)," ujar Erdogan saat pertemuan para pemimpin bisnis di Budapest, Hongaria.

"Mereka hanya memberikan USD1,94 miliar. Terlepas dari semua itu, kami tetap membantu para pengungsi," tambahnya 

Dalam pertemuan itu, Erdogan menyoroti bahwa Turki saat ini menampung sekitar 3,5 juta pengungsi Suriah, lebih banyak dari negara lainnya di dunia.

Presiden Turki juga mengungkapkan, negaranya memiliki data pengungsi yang dibiarkan mati di Laut Mediterania dan Laut Aegea.

"Saya sedih karena komunitas internasional gagal memenuhi tanggung jawabnya untuk menemukan solusi bagi masalah-masalah pengungsi," kata Erdogan di hari terakhir kunjungannya ke Hongaria.

"Proposal `zona aman` Turki yang bisa menyelamatkan ratusan ribu jiwa dan berhasil mencegah penggusuran jutaan warga Suriah malah sengaja disabotase, terutama oleh sekutu kami," ungkapnya. 

PBB menyebutkan, Turki sudah menghabiskan lebih dari USD33 miliar dari sumber anggarannya sendiri untuk membantu dan melindungi sekitar 3,5 juta pengungsi Suriah. (aa)

 

 

TAGS : Turki Uni Eropa Suriah




TERPOPULER :