Rabu, 24/04/2024 07:17 WIB

Bermain Bisa Jadi Terapi untuk Para Korban Gempa

Peristiwa traumatis dapat terjadi pada saat bencana terjadi atau hingga bencana telah berlalu, bagaimana mengatasinya?

Subur, relawan ojek online saat bersama anak-anak korban gempa Lombok (Foto: Dokpri)

Jakarta - Bencana alam seperti gempa bumi dan tsunami, tentunya menorehkan luka yg mendalam bagi setiap manusia terutama bagi korban maupun korban bencana.

Luka tersebut merupakan manifestasi dari pengalaman yg tidak menyenangkan atau pengalaman yg menyakitkan bagi korban. Sehingga untuk sebagian besar orang menjadikan pengalaman tersebut sebagai pengalaman traumatis.

Seseorang dapat kembali menjadi individu yg sehat secara fisik dan psikis apabila ia mampu mengatasi pengalaman traumatis tersebut.

Psikolog dari Rumah Sakit Awal Bros Tangerang Dani Tri Astuti, M.Psi menjelaskan trauma dalam istilah psikologis menunjukkan kondisi yang syok dan tertekan oleh suatu peristiwa yang membekas relatif lama pada korban.

Beberapa kondisi yang dapat potensial menjadi peristiwa traumatis menurut Taylor (2000) antara lain bencana, menjadi korban kriminal, kehilangan orang yang dicintai, kehilangan harta benda. Parkinson(2000). menjelaskan bahwa peristiwa traumatis dapat terjadi pada saat bencana terjadi hingga bencana telah berlalu dalam kondisi terakhir ini yang disebut post traumati stress disorder (PTSD)

Mengenal trauma healing

Trauma healing adalah suatu kegiatan atau tindakan yang dilakukan untuk mengurangi atau menghilangkan trauma yang ada.

Di sisi lain trauma healing adalah suatu tindakan yang dilakukan untuk membantu orang lain yang sedang mengalami gangguan dalam psikologisnya yang diakibatkan syok atau trauma.

Trauma healing adalah suatu tindakan yang dilakukan untuk membantu orang lain untuk mengurangi bahkan menghilangkan gangguan psikologis yang sedang dialami yang diakibatkan shock atau trauma.

Manfaat trauma healing

Kegiatan trauma healing mempunyai banyak manfaat diantaranya adalah menghilangkan beban di pikiran membuat bahagia menjadi pribadi yang lebih ikhlas dan semangat kembali membuat hati tenang dan tentram membuat lebih peka untuk menyikapi keadaan yang ada.

Salah satu contoh kegiatan trauma healing yang dipaparkan oleh Dani ialah terapi bermain.

Bermain adalah merupakan suatu aktifitas yang dilakukan dengan sukarela atas dasar rasa senang dan menumbuhkan aktifitas yang dilakukan secara spontan.

Terapi bermain merupakan salah satu kegiatan yang dapat dilakukan dimana saja, kapan saja, dan dengan siapa saja, karena dari anak kecil sampai dewasa suka dengan yang namanya bermain.

Dalam terapi bermain kita juga bisa menambahkan sesi mendongeng, art therapy, dan support group .

Efektivitas keberhasilan dr suatu terapi akan berbeda, tergantung dari kemampuan seseorang/korban dalam menerima pengalaman traumatis dan tentu saja sangat dibutuhkan support dari setiap stakeholder yg ada. 

KEYWORD :

Gempa Trauma Healing Bermain




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :