Kamis, 13/12/2018 07:12 WIB

Rusia akan Bangun Enam Reaktor Nuklir di India

Kedua negara juga berniat meningkatkan kerja sama di negara-negara ketiga dan membangun pembangkit listrik tenaga nuklir bersama.

Presiden Rusia, Vladimir Putin dan Perdana Menteri India, Narendra Modi (Foto: Adnan Abidin/Reuters)

Ankara  - Di sela-sela Pertemuan Puncak Bilateral Tahunan India-Rusia ke-19 di New Delhi, India dan Rusia meneken sebuah kesepakatan untuk membangun enam reaktor nuklir di sebuah situs baru di India.

Lewat sebuah pernyataan, Rosatom Rusia mengatakan, perjanjian itu ditandatangani oleh Direktur Jenderal Perusahaan Energi Atom Negara Rosatom Alexey Likhachev dan Sekretaris Departemen Energi Atom sekaligus Ketua Komisi Energi Atom Kamlesh Vyas.

"Kedua negara bermaksud untuk mengembangkan proyek enam unit tenaga nuklir rancangan Rusia di sebuah situs baru di India, meningkatkan kerja sama di negara-negara ketiga, dan membangun pembangkit listrik tenaga nuklir bersama," ungkap Rosatom.

"Kami puas dengan kerja sama strategis kami dengan India di mana unit-unit tenaga nuklir yang dirancang Rusia beroperasi dan sedang dibangun di situs Kudankulam.

India adalah mitra tepercaya kami. Kami telah melaksanakan proyek di negara-negara ketiga, dan kami berencana untuk meningkatkan kerja sama ini," ujar Likhachev. (aa)

TAGS : India Rusia




TERPOPULER :