Sabtu, 20/04/2024 00:40 WIB

Ekonomi Zimbabwe Bangkit Pasca Robert Mugabe

Tahun ini, ekonomi negara itu tumbuh enam persen yang didorong sektor pertanian dan pertambangan.

Presiden Zimbabwe terpilih, Mnangagwa (Foto: AFP)

Zimbawe - Usaha pemerintah Zimbabwe memulihkan ekonomi pasca jatuhnya Robert Mugabe kini membuahkan hasil. Tahun ini, ekonomi negara itu tumbuh enam persen yang masing-masing disumbang dari sektor pertanian dan pertambangan.

"Indikasinya adalah ekonomi akan tumbuh 6,3 persen terhadap proyeksi anggaran awal 4,5 persen," kata Menteri Keuangan, Mthuli Ncube pada konferensi pers pada Senin di Harare.

"Namun kualitas pertumbuhan, yang terutama didorong oleh dua sektor pertanian dan pertambangan jelas tidak inklusif," tambahnya.

Ncube mengatakan Zimbabwe menghadapi mata uang asing dan kekurangan uang tunai, defisit anggaran yang tidak berkelanjutan dan kesulitan kembali terlibat dengan pemberi pinjaman internasional dan investor setelah era Mugabe.

"Tantangan-tantangan ini menyerukan reformasi mendesak," katanya ketika bank sentral mempresentasikan pernyataan kebijakan moneter.

"Keputusan yang berani perlu diambil di depan reformasi untuk merangsang pertumbuhan dan pembangunan berkelanjutan," tambahnya.

Menteri keuangan mengatakan negara itu dibebani  utang USD 16,9 juta miliar dan sedang bekerja untuk menghapus utang USD 2,5 juta miliar dengan Bank Pembangunan Afrika dan untuk meminta anggota kunci Klub Paris untuk merestrukturisasi utang USD2,8 juta.

"Resolusi utang akan membantu mengembalikan reputasi kredit internasional Zimbabwe, yang menghasilkan peningkatan akses ke jalur kredit eksternal baru dan arus investasi," kata Ncube.

Presiden Emmerson Mnangagwa, yang terpilih pada bulan Juli  berjanji menghidupkan kembali ekonomi yang hampir mati sejak mengambil alih kekuasaan tahun lalu setelah Mugabe dicopot oleh intervensi militer.

Di bawah Mugabe, ekonomi hancur oleh korupsi, reformasi lahan gagal dan kebijakan pemerintah membuat investor melarikan diri, pengangguran massal dan hampir runtuhnya layanan publik.

KEYWORD :

ekonomi pertanian Zimbabwe Robert Mugabe




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :